Tahukah Kamu? Kelima Nama Band Ini Ternyata Terinspirasi dari Band Lainnya, Lho!

Saya sebenarnya kurang setuju dengan pepatah yang berbunyi “apalah arti sebuah nama?“, karena menurut saya nama itu adalah merupakan hal yang penting. Melalui sebuah nama kita bisa menyisipkan doa dan juga pengharapan di dalamnya. Apalagi jika berkaitan dengan band, nama merupakan sebuah hal yang penting untuk dimiliki sebagai identitas dasar agar mudah dikenali oleh para pendengarnya.

Ada sebuah fenomena menarik dalam melakukan penamaan sebuah band, yaitu dengan mengambil inspirasi dari karya yang telah dibuat oleh band terdahulunya. Motivasinya saya rasa bisa sangat beragam, ada yang mungkin memang biar praktis, ada yang melakukannya sebagai sebuah ucapan terima kasih, sehingga dilakukan sebagai sebuah tribute, ataupun agar mendapatkan energi yang telah dilakukan oleh band tersebut pada karyanya.

Nah, pada tulisan kali ini, saya mencoba membuat list dari nama band yang terinspirasi dari band lainnya. Nggak usah pakai lama lagi, langsung aja kita mulai~

All Time Low

Band
via baltimoresun.com

Bagi remaja yang tumbuh di era awal 2000an, maka lagu dari band pop-punk seperti blink-182, Green Day, dan New Found Glory adalah semacam lagu wajib yang akan selalu ada pada playlist harian mereka. Salah satu yang terpengaruh cukup besar adalah Alex Gaskarth, cs.

Nama All Time Low ternyata diambil dari salah satu bagian pada lagu ‘Head On Collision’ dari New Found Glory. Karena sangat menyukai lagu tersebut, akhirnya para personil All Time Low mengambil penggalan liriknya untuk dijadikan sebagai nama band yang akhirnya membawa mereka menuju kesuksesan dalam karir bermusik. New Found Glory effect memang dahsyat.

Man Overboard

via ruderecords.com

Mungkin banyak orang yang menyangka bahwa nama dari band Man Overboard merupakan sebuah tribute untuk film Titanic. Namun, hal tersebut salah besar, friend! Nama Man Overboard diambil dari salah satu lagu yang dimiliki oleh blink-182.

Lagu tersebut pertama kali muncul pada live album ‘The Mark, Tom, and Travis Show (The Enema Strikes Back!)’ dan menjadi satu-satunya lagu yang merupakan track yang direkam di studio, dibandingkan track lainnya yang merupakan hasil rekaman live.

Pierce The Veil

via harmonixmusic.com

Pada akhir tahun 2000an, Pierce The Veil dikenal sebagai salah satu band yang cukup digemari dan menjadi inspirasi bagi banyak orang yang ingin memainkan musik post-hardcore modern. Tapi, tahukah kamu kalau sebelumnya, Vic Fuentes memiliki sebuah band bernama Before Today pada awal tahun 2000an?

Ternyata, nama Pierce The Veil diambil dari salah satu judul lagu yang dimiliki oleh Before Today. Walaupun Before Today tidak bisa membawa kesuksesan yang terlalu besar kepada Vic Fuentes, namun salah satu judul lagu dari Before Today berhasil melakukannya.

The Story So Far

via nme.com

Bukan hanya All Time Low, salah satu band modern pop-punk paling berpengaruh saat ini, The Story So Far, juga ternyata mengambil inspirasi namanya dari New Found Glory. Band asal California tersebut mengambil judul lagu pada album ‘Sticks and Stones’ yang dinobatkan oleh banyak orang ataupun media sebagai salah satu album pop-punk terbaik.

Dengan mengambil energi pada album dari New Found Glory tersebut, terbukti berhasil membuat The Story So Far menjadi band modern pop-punk favorit pada saat ini. Selain dari nama, tentunya dengan kualitas musik yang mereka tonjolkan juga yang pada akhirnya membuat mereka disukai oleh banyak orang.

Scary Kids Scaring Kids

Jika kebanyakan band dari yang saya bahas pada artikel ini mengambil inspirasi dari band yang kurang lebih memainkan musik yang sama, lain halnya dengan Scary Kids Scaring Kids, sebuah band post-hardcore yang sempat populer di era 2000an.

Nama tersebut diambil dari salah satu lagu yang dimiliki oleh Cap’n Jazz. Kalau kamu yang masih asing dengan nama Cap’n Jazz, mereka adalah sebuah band yang banyak disebut memulai gelombang midwest-emo, dan kemudian setelah band tersebut bubar, para personilnya terpencar dan kemudian membuat berbagai band yang cukup berpengaruh juga, di antaranya adalah American Football, Joan of Arc, dan The Promise Ring.

Itu dia friends, kelima band yang namanya terinspirasi dari band lainnya. Saya yakin masih ada banyak nama di luar sana yang nggak ada pada list ini. Jangan marah dong, langsung kasih tahu kami aja kalau memang ada yang terlewat ya!

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button