Shaggydog Peringati Usia ke-25 Tahunnya Lewat Persembahan Arsip dan Konser

Tahun ini, Shaggydog memasuki usia peraknya yang ke-25 tahun, pencapaian yang tentunya tidak mudah dan patut untuk dirayakan. Dalam rangka mewujudkannya, grup bentukan tahun 1997 di Sayidan tersebut pun menggelar “Ber25sulang”, sebuah gelaran dengan rangkaian acara berupa pameran foto dan konser yang akan digelar di Jakarta. Bekerja sama dengan iKonser, Doggyhouse Records dan Ruang Mes 56.

Bertahan untuk mempertahankan formasi yang solid dan tetap produktif sepanjang 25 tahun  tentu merupakan eksperimen menantang bagi Shaggydog maupun masing-masing personil. Enam album studio, dan beberapa rilisan single telah mengisi daftar diskografi band yang digawangi Heru, Richad, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo ini. Bahkan Shaggydog juga aktif melakukan terobosan-terobosan yang fresh bahkan unik di luar rilisan karya musik, sebut saja rilisan sepatu, sepeda, maskot, hingga buku. 

Berhubung Shaggydog merupakan band yang merawat arsip berupa foto dari perjalanan karir mereka sebagai band, maka pameran ini menjadi salah satu medium untuk memamerkannya pada khalayak luas. Berawal dari kerja sama dengan Agensi 56, sub unit dari Ruang Mes 56 untuk mendigitalisasikan arsip negatif film Shaggydog yang dikumpulkan dari periode tahun 1998 hingga 2006, kedua pihak akhirnya sepakat untuk mempersembahkan sebuah pameran arsip bertajuk “Rudy’s Story : Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog” yang dikuratori oleh Edwin Roseno Kurniawan atau akrab dipanggil Kawandolly, yang juga merupakan mantan fotografer Shaggydog.

Feed 3
Poster Pameran Foto “Rudy’S Story”

Dari hasil digitalisasi dan kurasi yang menghasilkan 319 frame foto yang akan dipamerkan, nantinya akan ada 4 kategori kurasi, yaitu, Friends, Gigs, Fans dan Band.  Selain itu, dalam pameran ini juga akan menghadirkan kembali sudut memorabilia Shaggydog, serta respon karya oleh Yudha Kusuma Putra, berupa kolase foto.

Pameran yang sekaligus menjadi agenda rangkaian perayaan ulang tahun Shaggydog ke-25 ini bertempat di Gudskul Ekosistem, Jakarta dan acara pembukaan telah digelar pada Selasa, 23 Agustus khusus tamu undangan dan dibuka untuk umum pada 24 Agustus hingga berakhir pada 27 Agustus. 

Sementara itu, konsernya akan digelar di tanggal dan tempat yang berbeda, yakni pada 25 Agustus di M Bloc Space.  Tampil bersama delapan pemain orkestra alat tiup dan menggandeng beberapa kolaborator untuk menemani aksi panggung mereka nantinya, meliputi Dawny & Vicky (Jun Fan Gung Foo), Danar (Souljah), Boris (Artificial Life), Wiro (Sentimental Moods), Hadi (Noin Bullet),Tresno (Tipe-X), dan Iwa K

Feed 1
Poster Konser Be25Ulang

Selain itu, mereka juga menjual seluruh tiketnya dalam bentuk NFT, ini menjadi experience baru bagi mereka yang mungkin baru kali pertama membeli tiket konser via NFT. Selain bisa nonton konser perayaan 25 tahun Shaggydog, para pemegang tiket NFT ini juga berkesempatan mendapatkan benefit lebih yang akan diberikan secara acak untuk 21 penonton, yaitu nonton gratis setiap konser Shaggydog seumur hidup untuk satu orang, mendapatkan potongan harga 25% pada setiap pembelian merchandise Shaggydog di Doggyshop untuk 10 orang, dan meet & greet dengan Shaggydog untuk 10 orang.

Jadi siapa di antara kamu yang bakal dateng dan udah siapin tiketnya nih? Catat tanggal dari seluruh rangkaiannya friend!

Youtube Player

 

Related Articles

Back to top button