Sembari Bereksplorasi, Proyek-Proyek Solo Dari Para Personil Band Pop Punk/Rock Lokal Ini Ciamik Banget

Udah bukan hal yang aneh kalau misalnya ada satu personil dari sebuah band tiba-tiba membuat sebuah proyek solo. Banyak faktornya, friend. Ada yang memang merasa pengen bermain hal yang baru atau jenuh dengan musik yang dia mainkan bersama bandnya. Ada juga yang memang merasa punya katarsis yang ingin dia hempaskan dan hal itu nggak bisa dia dapetin di band-nya. Apapun alasannya, sebuah proyek solo bisa dibilang lebih punya aura dan nuansa yang lebih personal dari sang musisi. Dan biasanya aura itu jarang bisa dilihat ketika personil itu bermain bersama band-nya.

Fenomena itu juga ternyata sering muncul di ranah pop punk dan punk rock lokal. Lambat tapi pasti, beberapa personil dari sebuah band mulai membuat proyek solo dengan musik yang cukup berbeda dengan apa yang biasa dia mainkan bareng band-nya. Dari sekian banyak proyek, saya mau membagikan beberapa artis yang saya rasa bakal cocok di kuping kamu, friend. Yang pertama adalah…

Andresa Nugraha

Band primer: Saturday Night Karaoke

Side-project solo: The Battlebeats, The Favourite Ones

Nama doi mungkin cukup asing kalau kisaran pendengaran musikmu hanya berkutat di pop punk modern atau emo kekinian. Tapi kiprah Andresa sebenernya udah lumayan oke reputasinya. Dia kini pegawai purnawaktu di unit punk rock (yang terlalu nge-pop) asal Bandung Saturday Night Karaoke. Sepertinya walau dia udah full-time di Saturday Night Karaoke, hasrat cintanya akan musik garage punk dan power pop 70an belum tersalurkan dengan baik di situ. Dia pun akhirnya menggarap dua proyek solo yang saya sebutkan di atas dan mereka sudah punya rilisan fisik di Inggris dan Amerika. Ini baru keren.

Dochi Sadega

Band primer: Pee Wee Gaskins

Side-project solo: Dochi Sadega

 Ah oke, mungkin nama yang satu ini pastinya sudah kamu kenal, friend. Pastinya lah, siapa sih yang nggak tahu Dochi, otak dibalik band pop punk modern ternama Pee Wee Gaskins. Sebelum membentuk Pee Wee, konon Dochi memang senang mengerjakan musiknya serba sendirian. Bahkan dia pun menggarap demo “Here Up On The Attic” sendirian sebelum akhirnya digarap bersama band-nya.

Sepertinya tabiat tersebut tidak bisa hilang ketika Dochi sudah sukses bersama Pee Wee sekarang. Dia sempat merilis album solo yang berjudul Analogi Logika di tahun 2012 silam. Strumming gitar akustik dan nuansa vokalnya di album itu mengingatkan kejayaan pop punk MTV tahun 2000an tengah yang cocok banget buat kamu setel setiap hari sambil galau mengerjakan berbagai aktifitas. Still fresh to listen.

Ocan Siagian

Band primer: Stand Here Alone

Side-project solo: Ocan Siagian

Buat kamu yang main Tik Tok, kayaknya kamu nggak ngeh deh kalau pernah bikin video pake lagunya dia yang judulnya “Fakboi”. Yep, Ojan yang lebih dikenal karena lebih dulu bermain dulu dengan Stand Here Alone di tahun ini lagi gencar rilis beberapa single solonya. Dengan nuansa jangly-pop ala Mac Demarco atau Boy Pablo yang di-super-simplifikasi-kan, Ocan mencuri banyak perhatian para pendengar musik, terutama di Bandung dan ranah pop punk tempat bermain SHA, hari ini. Lucu juga sih dipikir-pikir. Biasanya para personil band-band punk kalau bikin proyek solo tuh jatuhnya ke folk punk ala Billy Bragg, tapi pilihan Ocan buat mainin jangly pop menarik juga. Mantap.

Oh iya, ngomongin Ocan. Dia bakal jadi bintang tamu perdana di episode perdana musim terbaru THUMB BAND THE SERIES, friend. Itu lhooo, program sitkom yang dibintangi Rocket Rockers yang punya plot menghibur dan aksi adu akting yang bodor. Premiere malem ini nih episodenya Ocan, jam 8 malem ini! Tonton eksklusif hanya di www.richmusiconline.com. Nggak ada di website atau video streaming service lainnya. Cuma di sini!

Related Articles

Back to top button