Sekarang Kamu Bisa Bergumam untuk Mencari Lagu Menggunakan Google ‘Hum To Search’

Saya yakin di antara kalian semua pernah mengalami kesulitan dalam mencari sebuah lagu, karena cuma tahu beberapa penggalan nadanya saja. Nada tersebut ngebekas banget di pikiran kita, tapi bingung nyarinya. Mau nanya ke teman pun, belum tentu tahu, karena mungkin referensi musik mereka berbeda dengan referensi musik kita. Bikin stress banget pokoknya mah. Tapi sekarang, hal itu udah nggak perlu dikhawatirkan lagi, friend! Karena Google baru saja meluncurkan sebuah fitur baru bernama Hum To Search.

Fitur tersebut dapat memudahkan kamu untuk mencari sebuah lagu hanya dengan gumaman atau bahkan siulan. Memudahkan banget. Memang yaa, yang namanya teknologi mah terus maju, semakin hari, semakin canggih. Sebelumnya mungkin kamu udah mengenal aplikasi Shazam, di mana kamu bisa mencari sebuah lagu berdasarkan potongan lagu yang sedang dimainkan. Tapi, Google Hum To Search membawa hal tersebut ke ranah yang lebih kompleks lagi, kita nggak perlu memainkan lagunya buat nyari lagu yang dimaksud, karena cukup dengan bergumam atau bersiul, dan voila, lagu yang dimaksud bisa langsung diketahui identitasnya. Keren banget.

Saat ini fitur Hum To Search telah tersedia dalam 20 bahasa, jadi seharusnya punya library musik yang cukup luas. Nah, informasi yang bisa kamu dapatkan setelah melakukan siulan atau gumaman itu di antaranya adalah nama musisi yang dimaksud, artwork dari lagu/album, dan presentase seberapa cocok antara input suara yang kalian masukkan dengan nada dari lagu aslinya. Akurat banget, kan?

Tentunya hal tersebut dicocokkan bukan manual oleh para operator yang bekerja di Google dong, melainkan dengan sebuah teknologi bernama machine learning. Buat kamu yang kuliah IT, pasti paham lah maksudnya gimana. Hehehe.

Buat kamu yang udah penasaran, ayo dong, dicobain aja buruan lewat aplikasi Google yang ada di HP kamu. Kalau udah, jangan lupa kasih tahu kita, berhasil atau nggaknya, ya!

Related Articles

Back to top button