RICH FEATURESRICH HIGHLIGHTS

Review: Grey- What Blooms Us (EP, Haum Entertainment, 2022)

Selama dua tahun terakhir, mungkin bukanlah waktu yang produktif bagi Grey, namun unit alternative rock/ post-grunge asal Batu ini membayarnya secara kontan dengan satu paket isi lima lagu di pembukaan tahun ini yang mereka namai dengan tajuk What Blooms Us.

Sesuai tajuknya, What Blooms Us merupakan sebuah kaleidoskop dari proses kembang tumbuh manusia, tentu tak luput dari keterlibatan emosi serta apresiasi atas segala yang sudah dilalui. Mereka mengartikan lebih sebuah proses ketimbang hanya melihatnya sebagai sebuah fase. Rasanya ini memiliki relevansi tersendiri dengan suara yang mereka mainkan di EP ini. 

Sampul EP What Blooms Us milik Grey

Soft-grunge, post-grunge atau apalah itu. Sebenarnya saya sendiri sudah tak tahu lagi apa perbedaan signifikan musik di antara istilah tersebut karena batasnya pun dinilai cukup buram dan runyam untuk diperbincangkan (atau karena keterbatasan wawasan?). Hanya saja, jika ingin mensimplifikasi apa yang mereka mainkan, menurut saya Grey di sini meracik melodisnya emo namun grungy dari segi suara. Memang bukan lagi barang baru, hanya saja secara materi yang mereka suguhkan kali ini sebetulnya cukup menyegarkan. 

Cukup banyak nama lokal yang mengusung musikalitas serupa namun musiknya terasa hambar atau monoton, rasanya hal tersebut tak berlaku pada Grey. Dinilai dari lirik serta musik yang mereka mainkan, saya yakin energi yang mereka tuangkan dalam kelima trek ini sangat kompleks dan intim. Terasa dari nomor pertama “Current State” sampai “Call My Name”, hampir semua lagu memiliki nada yang catchy. Mengingat untuk band-band semisal mereka di kancah lokal, hal tersebut bukan lah barang mudah. Maka Grey pun layak untuk menjajal predikat band lokal yang perlu mendapat perhatian lebih di tahun ini.

Grey (via: Grey)

Overall, What Blooms Us adalah rilisan alternative rock yang bagus serta memuaskan untuk sekelas debut. Meskipun kecanggihan materinya kali ini tentu memberikan peer tersendiri untuk mereka, yaitu bagaimana mereka mampu melampaui rilisannya kali ini tanpa terdengar membosankan atau memiliki formula serupa di rilisan berikutnya. 

Verdict: 9/10 

Favorite Tracks: “Current State”, “What Blooms Us”

Back to top button