Rekomendasi Album Akustik yang Enak Didengerin Ketika Musim Hujan

Belakangan ini cuaca Bandung lagi mendukung banget buat nyantai dan leyeh-leyeh di rumah. Ya gimana nggak gitu friend, hampir setiap hari pada jam tertentu bisa dipastikan hujan turun. Hal tersebut tentunya ngaruh juga ke mood saya buat memilih lagu yang ingin didengarkan. Setelah bosen dengan album penuh distorsi dan brang-breng-brong yang selalu didengarkan sepanjang hari, saya memutuskan untuk mencari beberapa album akustik asoy yang cocok sebagai peneman sepi di kala hujan. Cie gitu.

Daripada disimpen sendiri kan rasanya nggak afdol ya, karena saya mah orangnya teh suka berbagi gitu. Oleh karena itu, saya memutuskan buat dijadiin tulisan aja. Mulai dari album dari band punk rock sampai yang beneran band akustik, berikut adalah beberapa album akustik yang cocok buat didengerin ketika musim hujan. Mari kita mulai~

MXPX – Acoustic Collection

MXPX – Acoustic Collection (2014)

Kamu suka bosen nggak sih kalau ngedengerin sebuah lagu yang sama secara terus-menerus? Sesuka apapun sama lagu tersebut, pastinya ada titik di mana kamu ngerasa bosen dan nggak mau ngedengerin lagu itu lagi sampai entah berapa lama. Sebuah hal unik dilakukan oleh salah satu dedengkot punk rock, MXPX, pada tahun 2014 silam mereka merilis sebuah album akustik yang berisi berbagai hits klasik dari keseluruhan discography-nya. Menurut saya hal tersebut cukup bisa jadi penyegar ngedengerin lelagu kesukaan dalam versi yang lebih kalem.

Kalau biasanya versi akustik dari lelagu MXPX cuma bisa didengarkan ketika Mike Herrera melakukan pertunjukan solo, maka album ini hadir untuk mendokumentasikan hal tersebut. Album yang wajib banget buat kamu dengerin terutama yang suka sama MXPX.

This Wild Life – Clouded

This Wild Life – Clouded (2014)

Duo tersebut sebenarnya memulai karirnya sebagai sebuah band pop-punk dan sempat mengeluarkan sebuah album berjudul ‘Heart Flip’ pada tahun 2012 silam. Tapi, setelah beberapa pertimbangan, akhirnya mereka merombak total format bandnya menjadi format akustik. Hal tersebut ternyata sukses membuat keduanya lebih dikenal, terlebih ketika mereka mengunggah sebuah video cover dari ‘Sleepwalking’ milik Bring Me The Horizon yang akhirnya menaikkan pamor This Wild Life.

Narasi mengenai percintaan baik dari sisi patah ataupun dari sisi yang menyenangkan, keduanya dibungkus manis melalui petikan gitar dan vokal Kevin Jordan yang merdu nan syahdu. Lelagu di album ‘Clouded’ cocok banget kamu pakai pas lagi pengin bersantai di rumah atau jadi lagu latar pas lagi kerja.

Sleeping With Sirens – If You Were a Movie, This Would Be Your Soundtrack

Sleeping With Sirens – If You Were a Movie, This Would Be Your Soundtrack (2012)

Sleeping With Sirens merupakan salah satu nama yang kehadirannya cukup banyak diperbincangkan pada awal tahun 2010an yang lalu, suara melengking dari Kellin Quinn sempat membuat banyak orang bingung dan menyangka bahwa dirinya adalah seorang perempuan, padahal bukan. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu ciri khas Sleeping With Sirens.

Ketika mereka secara mendadak mengeluarkan sebuah EP akustik berjudul ‘If You Were A Movie, This Would Be Your Soundtrack’, tentunya membuat banyak pendengarnya bersorak kegirangan. Pada EP tersebut seakan membuktikan bahwa Kellin Quinn memang memiliki kualitas suara yang jempolan banget. Sesuai judulnya, pada EP ini, Sleeping With Sirens menggambarkan perjalanan dari berbagai fase ketika berhubungan yang dibagi ke dalam 5 scene/track terpisah. Buat kamu yang lagi menjalankan hubungan dengan seseorang dan butuh musik pengiring perjalanan cinta kamu, maka EP dari Sleeping With Sirens ini adalah jawabannya.

Tony Sly X Joey Cape – Acoustic & Acoustic Vol.2

Tony Sly X Joey Cape – Acoustic (2004)

Bagi kalian penggemar musik punk-rock dan turunannya, pasti udah nggak asing sama kedua nama tersebut, karena keduanya merupakan frontman dari No Use for a Name dan Lagwagon. Segan banget. Kalau biasanya kamu denger mereka dengan musik latar yang penuh distorsi dan ugal-ugalan, pada tahun 2004 dan 2012 lalu, mereka membuat sebuah split album yang berisi lelagu akustik dari masing-masing.

Kedua album tersebut seakan menyuguhkan sisi lain yang lebih melankolis dari kedua frontman dari band legendaris tersebut. Nggak ada raungan distorsi yang bisa jadi pemicu kamu buat pengen moshing, nggak ada pula teriakan penuh amarah yang bikin adrenalinmu naik, yang ada hanya suara Tony Sly dan Joey Cape diiringi oleh gitar akustik dan bebunyian tambahan lain yang tentunya bikin suasana syahdu.

Nah, itu dia friend beberapa rekomendasi album akustik yang cocok banget buat didengerin ketika musim hujan. Gimana kira-kira yang mana album favorit kamu di antara list di atas?

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button