Perkenalkan asianfusion., Amunisi Midwest Emo Baru dari Bogor

Lini band yg membawakan musik yang biasa dikenal dengan midwest emo kini kembali bertambah dengan kedatangan kuintet asal Bogor bernama asianfusion. yang baru saja merilis EP terbarunya dengan judul figure pada awal bulan Juni kemarin. EP tersebut dirilis oleh label asal Bogor, Suddendeath Records Band ini merupakan hasil evolusi dari proyek musik solo dari Ndaru Firman yang sebelumnya bernama The Stars & The Moon.

Seiring dengan perubahan identitas tersebut, ternyata musik yang dibawakan juga turut berubah, jika sebelumnya musik yang dibawakan merupakan fusi antara musik emo dengan sedikit sentuhan RnB, kini asianfusion. membawakan musik midwest emo dengan sedikit bumbu math-rock di dalamnya.

Dari total 5 track + 2 bonus track yang ada pada EP-nya, 2 di antaranya telah dirilis sebelumnya. Kedua track tersebut adalah ‘Coming home, tonight!’ dan ‘8 weeks, 6 days’. Melalui kedua track tersebut, dapat disimpulkan bahwa musik yang dibawakan oleh asianfusion. sangat dipengaruhi oleh sound dari veteran emo asal Amerika Serikat, American Football. Sound gitar yang twinkly, lirik kontemplatif yang dibalut dengan vokal mendayu, serta ketukan drum dengan time signature yang terkadang berubah menjadi senjata utama yang digunakan asianfusion. dalam meramu lagunya.

asianfusion. - figure EP
Artwork figure EP.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, saat ini, formula tersebut bisa dibilang sangatlah generik, karena itu semacan sebuah starter pack dari band-band yang membawakan genre serupa. Rasanya asianfusion. perlu bekerja sedikit lebih keras untuk mencari karakter ataupun ciri khas yang belum dimiliki band lainnya untuk membuatnya terdengar lebih unik. Bahkan, pada single ‘coming home, tonight!’ petikan gitar pada intro lagu sepintas mirip dengan anthem sobat emo dari seluruh dunia, ‘Never Meant’.

Lonesomeness, companionship, diary entries, family, memories, anxiety, narrative story, dan insecurity menjadi keywords dari lirik-lirik yang terdapat pada EP figure. Hal-hal tersebut terinspirasi dari orang-orang terdekat yang berada pada sekeliling personilnya, kuintet tersebut kemudian menerjemahkannya ke dalam sebuah lalu yang dikemas dalam bentuk EP ini.

Selain itu, packaging dari EP mereka juga sangat menarik, karena kalau kamu beli versi bundle-nya, kamu akan dapat buku tablature gitar dari seluruh lagu yang ada di figure. Cocok banget buat kamu yang mau mempelajari lagu-lagu dari asianfusion. atau sekedar pengisi waktu luang buat nyanyi-nyanyi waktu nongkrong sama kengkawan terdekat.

Jadi, untuk kalian penyuka band-band midwest emo, pastikan untuk mendengarkan asianfusion., dan jangan lupa juga untuk pantau terus pergerakan mereka melalui sosial medianya ya!

Instagram: @asianfusion_music

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button