Pada Kemana Ya Band-Band “Powerpop” Lokal Ini? Kok Nggak Ada Kabar Banget!

Buat kamu yang sempet ngalamin era keemasan band-band tulilulit alias powerpop modern di Indonesia, pasti sempet dong dengerin band-band independen yang musiknya mirip kayak Pee Wee Gaskins. Kayaknya tiap acara musik mau micro atau yang gede pasti ada satu atau dua band tulilulit yang main lengkap dengan dandanan fashion-nya yang warna warni mentereng nan mencrang. Hihi.

Tapi seiring waktu berjalan, lambat laun tren musik tulilulit mulai pudar dan band-bandnya pun pada ngilang. Yah yang namanya tren emang gitu ‘kan, seringkali nggak bisa bertahan lama dan ujung-ujungnya berotasi ke tren-tren yang udah lama buat jadi alternatif. That’s how it goes and it will never change. Eh eh, tapi ngomongin band-band tulilulit di Indonesia, penasaran nggak sih pada kemana band-band dan para personilnya? Masa iya tiba-tiba mereka ngilang gitu aja ditelen bumi. Nah sekalian nostalgia, saya sempet nyobain buat nyari kabar “terbaru” dari beberapa band tulilulit asal Indonesia yang dulu sempet nge-hits banget. Kita mulai dari band pertama yaitu…

Never Give Up Nobita

Mungkin kamu sering atau pernah dengerin lagu mereka yang judulnya “Quit School To Buy Doll For Your Valentine” di zaman keemasan Myspace. Band yang dulunya sekumpulan anak-anak SMA 2 Bandung ini sempet dibilang pionir band tulilulit di Indonesia. Yep, mereka sebenernya lebih dulu muncul sebelum Pee Wee Gaskins dan udah punya reputasi yang oke di sirkel permusikan lokal.

Setelah ditelusuri, vokalis sekaligus gitaris Never Give Up Nobita, Abud sekarang menggeluti bidang retail fashion. Lebih tepatnya memproduksi tas. Terakhir kali saya mendengar kabar mereka itu pas mereka rilis singleAshley” di tahun 2012 lalu dan semenjak itu udah aja ngilang. Disayangkan banget euy.

Monday Math Class

Secara nuansa musik, side-project dari Ario The Adams ini emang nggak sepenuhnya tulilulit yang ada garis merah pop punk-nya. But in a sense they’re one the darlings of the ‘tulilulit’ scene. Monday Math Class dibentuk pada tahun 2006 dan format awalnya sebelum jadi full band itu cuma ada dua personil, yakni Priscilla yang bermain drum beat pada laptop-nya dan Ario yang bermain gitar. Di tahun 2014, mereka akhirnya merilis EP perdananya yang berjudul Volume 1.

Nah, semenjak rilis EP itu, mereka cuma beberapa kali manggung terus ya ngilang. Setelah dikulik-kulik, beberapa personilnya masih aktif di dunia musik dengan kesibukannya masing-masing. Kayak Ario yang akhirnya manggung lagi sama The Adams dan Priscilla yang sekarang tergabung sama Goodnight Electric.

Kacamata

Band yang naik daun karena lagu-lagunya yang bernuansa 8-bit rock ini sempet jadi perbincangan hangat kancah permusikan independen karena mereka salah satu band dari kancah cutting edge yang berhasil menembus televisi. Bisa dimengerti sih, soalnya lagu-lagu mereka emang pop banget dan easy listening buat kuping normies. Tapi Kacamata terakhir kedengeran pas mereka rilis singleEntah” di tahun 2013 lalu dan setelahnya nama mereka mulai sayup.

Yang paling kedengeran sih kabar dari salah satu personilnya, Natasha Davega, yang sekarang lagi jadi DJ nge-hits karena sering manggung dimana-mana. Itu tuh, DJ Davega, yang suka pake baju sekolah pas nge-DJ. Pasti fotonya sering seliweran di explore Instagram kamu.

Goodboy Badminton

Menurut saya pribadi sih, ini band tulilulit Indonesia terbaik sepanjang masa. Secara musikalitas dan lirik, mereka beda banget dari band-band koleganya di masa keemasannya. Mereka udah pernah menelurkan sebuah album mahakarya yang berjudul Going Out. Ih album itu keren banget asli. Tapi ya seiring waktu berjalan, mereka pun ditinggal beberapa personil dan statusnya keaktifannya masih ngegantung sampai hari ini.

Sejauh penglihatan saya, beberapa personil GBB masih terlihat aktif lalu lalang di dunia kreatif maupun musik. Ada yang jadi teknisi sebuah band rock papan atas, ada yang menjadi salah satu owner brand sepatu lokal yang lumayan nge-hits juga, ada juga yang masih nge-band dengan proyek musiknya yang lain. Tapi nggak tahu kenapa deh Goodboy Badminton belum ada kabar bakal ngeluarin sesuatu yang baru atau seenggaknya ada kabar mereka bakal main bareng lagi. Ah mungkin kamu juga kayaknya udah tahu salah satu alasannya kenapa. Jadi ya mari kita berdoa dan berharap saja mereka bisa manggung lagi.

Nah dari semua band yang udah dibahas, mana yang kamu tunggu kehadirannya kembali di kancah permusikan Indonesia?
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button