Mungkin Nggak Banyak Yang Tahu Kalau 4 Band Lokal Ini Pernah Manggung Di Jepang

Nggak perlu basa-basi deh, friend. Sehabis baca judul di atas, band apa yang ada di pikiran kamu? Pasti kebanyakan bakal nyebutin Rocket Rockers, Superman Is Dead, Pee Wee Gaskins, Billfold, Rosemary dan band-band papan atas lainnya. We know, reputasi mereka yang emang udah wahid di sini jadi salah satu faktor kenapa mereka lagi yang selalu diekspos. Nggak salah kok, toh faktanya band-band tersebut emang keren dan reputasinya nggak perlu dipertanyakan lagi.

Nah kalau dikulik lebih jauh lagi, sebenernya ada lho band-band yang geliatnya kurang terekspos sama radar arus utama tapi ternyata diem-diem, mereka juga punya prestasi yang nggak kalah keren sama band-band papan atas. Kayak band-band di daftar ini nih, diem-diem ternyata pernah manggung di Negeri Sakura! Mungkin secara eksposur mereka emang kalah pamor sama band-band lainnya yang lebih terkenal, tapi yang namanya prestasi mah nggak bisa diumpetin, friend.

Oke, band yang pertama adalah…

eleventwelfth.

Denger-denger sih dari japrian orang dalem band-nya langsung, awalnya eleventwelfth. tuh cuma pengin jalan-jalan doang ke Jepang. Eh katanya biar jalan-jalannya lebih berfaedah, malah dijadiin tur band aja. Bisa aja nih band yang satu ini.

Unit emo/twinkle rock asal Jakarta ini melakukan rangkaian tur Jepang di tahun 2018 silam. Mereka main di enam titik di sekitaran prefektur Kanto, Jepang. Bukan tanpa alasan kenapa mereka tiba-tiba manggung di Jepang, friend. For your information, mini album mereka dirilis oleh label asal sana yang bernama Waterslide Records. Label tersebut jugalah yang menaungi band pop punk asal Bandung, Saturday Night Karaoke.

Ikkubaru

Nggak tahu doa apa yang mereka ucapkan setiap hari, band city pop asal Bandung ini hampir tiap tahun dari tahun 2015 silam bolak balik ke Jepang mulu buat manggung. Asli, friend!

Yang lebih gokil lagi, Ikkubaru emang udah punya fanbase paten di kancah musik city pop Jepang. Wajar sih, lagu-lagu mereka emang mantep banget. Buat kamu yang suka sama musik-musik pop Jepang tahun 80an atau video streaming lo-fi 24/7 di Youtube, kamu pasti nyambung banget sama band yang satu ini. Recommended!

Marjinal

Ajaib. Kayaknya itu satu kata yang bisa ngejelasin perjalanan tur Jepang yang dilakoni sama “band” punk Marjinal. Bayangin deh friend, mereka tur di Jepang selama hampir satu bulan lamanya.Gokil nggak tuh!

Tur yang dibikin dua bagian ini menampilkan penampilan akustik dan full band di setiap sesinya. Yang bikin keren dari perjalana tur Marjinal ke Jepang adalah mereka memberikan value dan kesan yang mendalam bagi para penontonnya di sana. Beberapa tahun lalu, sempat muncul video sebuah band dari Jepang yang meng-cover lagu Marjinal yang berjudul “Rencong Marencong” lengkap dengan penjelasan mengenai lagunya sebelum mereka bermain. Talk about value, this one is the real deal.

Saturday Night Karaoke

Band yang beberapa waktu lalu sempet menggegerkan netizen lokal karena lagunya diputer sama vokalis NOFX pas sepedaan ini ternyata pernah tur ke Jepang dua kali lho. Mereka sempet keliling Jepang buat tur di tahun 2017 dan 2019. Beneran keliling lho friend, di rangkaian tur Jepang mereka waktu tahun 2019, mereka naik mobil mini-van mengarungi daratan Jepang buat manggung dari Tokyo sampai ke Osaka selama satu pekan penuh. Mirip kayak Black Flag ya, berangkat dari satu venue ke venue lainnya lewat jalan darat.

Oh iya, buat kamu yang pengin ngerasain gimana serunya Saturday Night Karaoke pas manggung di Jepang, langsung aja tonton vlog perjalanan turnya di channel Youtube mereka. Tonton deh, friend. Keren banget!

Gimana friend, ada band yang kelewat nggak? Langsung aja kasih tahu kami kalau ada yang terlewat ya. Buat kamu yang lagi fokus bermusik sekarang, yok semangat bikin karyanya! Siapa tahu kamu bisa go international kayak band-band di daftar ini. Believe!
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button