Mungkin Banyak Yang Lupa Atau Mungkin Nggak Tahu, 5 Band Metalcore Bervokalis Perempuan Ini Keren Dan Berbahaya!

Di era ketika selera musik lebih sering dikendalikan oleh algoritma program layanan pemutar musik dibandingkan dengan keinginan untuk ngulik dari diri sendiri, kayaknya sekarang orang-orang perlu menggali referensi musik lebih ekstra lagi nih, friend. Ya gimana lagi, sekarang hampir mayoritas para pendengar musik menggunakan layanan streaming yang daftar putarnya sudah diatur sedemikian rupa oleh sang developer aplikasi. Sebetulnya bisa aja sih untuk nge-scroll sendiri buat dapetin genre atau band lain yang unik, tapi yaaa lihatlah kondisi nyata sekarang. Keberagaman kisaran pendengaran musik mulai generik dan berujung terhadap ekosistem musik yang begitu-begitu saja.

Eits, sebelum kamu kesal dengan tulisan ini lalu men-screenshot halaman ini dan menggunjingkannya di sosmed, ada alasan kenapa kami menyatakan hal di atas. Kami rasa terlalu banyak band atau musisi yang keren tapi tidak terpantau keberadaannya karena terlalu banyak orang yang terlena oleh algoritma playlist digital dan juga penjejalan eksposur media terhadap band atau musisi yang itu-itu saja. Call us what you want, but it’s true.

Nah setidaknya kami ingin memberikanmu sesuatu yang ‘baru’ atau setidaknya menyegarkan khasanah kisaran pendengaran musikmu dengan memberikan beberapa rekomendasi band yang mungkin belum pernah sebelumnya. Di tulisan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi lima band metalcore keren yang memiliki vokalis perempuan. Mungkin buat fans metalcore, nama-nama di bawah ada beberapa yang sudah tidak asing. Tapi setidaknya untuk pendengar musik yang lain, band-band ini bisa dijajal setelah selesai membaca tulisan ini. Oke, langsung aja ke band yang pertama yaitu…

Conquer Divide (Amerika Serikat)


via twitter.comconquerdivide

Kalau dilihat sekilas, penampilan mereka nggak ada bedanya sama para perempuan yang berdandan elok yang setiap hari kamu bisa temui dimana-mana. Eits, seperti istilah “don’t judge a book by its cover”, janganlah kita menilai seseorang dari penampilannya. Contohnya ya band ini, totally kick ass!

Conquer Divide terbentuk di tahun 2013 dan uniknya, personilnya berasal dari beberapa negara yang berbeda. Gitarisnya berasal dari Inggris, drummernya dari Serbia, dan sisa personilnya berasal dari Amerika Serikat. Kayaknya waktu cari personil baru, band ini pakai portal jobseeker nih. Oiya, lagu andalan band ini yang berjudul “At War” sempat dinominasikan sebagai lagu terbaik di Relentless Kerrang Awards tahun 2015 silam.

Dazzle Vision (Jepang)

via visualioner.com

Kalau kata bandnya sendiri sih, musik yang mereka mainkan itu bukan metalcore. Tapi screamo pop. Hadeh, ada-ada aja deh. Walau pun begitu, benang merah metalcore masih tetep terasa kental di lagu-lagu milik band asal Jepang ini.

Sayangnya, Dazzle Vision menyatakan bubar di tahun 2015 lalu. Meski sudah tidak aktif lagi, Dazzle Vision sering disebut sebagai salah satu band yang penting untuk genre kawaii metal.

Straight Line Stitch (Amerika Serikat)

via theheadbangingmoose.wordpress.com

Satu hal yang kami rasa penting dari sebuah band adalah suatu identitas atau ciri khas yang kentara pada lagu-lagunya. Dan Straight Line Stitch memiliki ciri khas mereka pada departemen vokalnya. Suara milik Alexis Brown (vokalis) memiliki range yang menarik ketika dia bernyanyi. Terasa sangat soulful. Tapi semua itu tetap berhasil diimbanginya dengan teknik scream plus growl yang tetap membuat elemen metalcore di band tersebut dominan.

Walls Of Jericho (Amerika Serikat)

via Google Image

Well, mungkin band ini bukan nama baru di kancah metalcore dan hardcore. Dan mungkin juga sebagian besar pendengar metalcore setidaknya pernah mendengar lagu mereka sekali atau dua kali. Tapi jujur, kami tidak bisa untuk tidak mencantumkan Walls Of Jericho di daftar ini. Karena bisa dibilang merekalah salah satu pionir band hardcore bervokalis perempuan yang memiliki sound metalcore yang sangat dominan.

Sempat mengalami hiatus di tahun 2001 sampai 2003, Walls Of Jericho masih aktif bermain sampai hari ini. Meski album pertama mereka yang bertajuk The Bound Feed The Gagged yang rilis di tahun 1999 bisa disebut salah satu album metalcore klasik, kami lebih merekomendasikan album mereka yang The American Dream. Lebih nampol!

Deadmaya (Indonesia)

via Google Image

Nggak bisa dipungkiri kehadiran Deadmaya sebagai band metal yang bervokalis perempuan pada pertengahan tahun 2000an adalah sesuatu yang tidak bisa dilupakan. Selain vokalisnya cukup terkenal karena banyak foto-foto narsisnya dijadikan wallpaper anak-anak emo pada tahun itu, musik yang mereka mainkan pun unik pada masanya. Ayolah, waktu itu siapa yang menyangka seorang perempuan dengan dandandan scene girl ala Myspace bisa juga memperkuat sebuah unit metal menjadi lebih solid?

Selain itu, lini masa kehadiran Deadmaya di kancah permusikan nasional juga bisa disebut sebagai awal mula gelombang kedua band-band metal/hardcore yang mulai diperkuat oleh vokalis perempuan. Eh jadi kepikiran deh, ini band kemana ya? Vokalisnya juga tiba-tiba hilang begitu aja. Sangat disayangkan.

Nah itu lima band metalcore bervokalis perempuan pilihan Rich Music yang bisa kamu dengerin setelah membaca tulisan ini.  Kalau kamu sudah tahu semua band di atas, bagi-bagi dong rekomendasi band lain buat temen-temenmu yang mau mulai nge-band atau Cuma sekedar tambah-tambah playlist. Dig more music, friend!

Related Articles

Back to top button