Mengenang Seri Album ‘Punk Goes Pop’, Berikut Adalah 5 Lagu Favorit Redaksi dari Album Tersebut!

Bagi kalian yang aktif melakukan eksplorasi musik di era 2010an awal, pastinya nggak asing dengan seri album bernama Punk Goes…di mana band-band yang bermain di circle post-hardcore, pop-punk, metalcore, dan turunannya diajak untuk melakukan cover terhadap lagu-lagu dengan tema tertentu. Dari sekian banyak seri album, seperti ‘Punk Goes Crunk‘, ‘Punk Goes Accoustic‘, ‘Punk Goes 90’s‘, dan beberapa seri lainnya, ‘Punk Goes Pop‘ merupakan seri yang paling banyak dikenal.

Kesemua seri album tersebut diinisiasi oleh Fearless Records, dan pada seri ‘Punk Goes Pop’ mereka melakukan cover terhadap lagu top 40 yang populer pada era tertentu. Album tersebut terakhir dirilis pada tahun 2017 silam dan berakhir pada Punk Goes Pop Vol.7‘. Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda kemunculan volume penerusnya. Entah peminatnya mulai berkurang, atau ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.

Nuansa nostalgia selalu terasa setiap mendengarkan seri album ‘Punk Goes Pop’, terutama pada seri-seri awal. Melalui album ‘Punk Goes Pop’ saya banyak menemukan band yang pada akhirnya saya sukai dan saya ulik keseluruhan discography-nya. Walaupun bertema sebagai album cover, bagi saya album tersebut lebih terasa seperti album sampler, di mana kita bisa mendengarkan style musik berbeda dari setiap band, lalu kemudian memilih band mana yang sesuai dengan selera kita untuk kemudian dicari tahu lebih jauh.

Namun, tidak bisa dipungkiri, nggak semua band yang terdapat pada album tersebut melakukan tugasnya secara baik. Ada banyak juga yang mengubah aransemen lagu aslinya menjadi style dari bandnya sendiri, tapi feel lagunya malah menghilang. Atau ada juga yang aransemennya tidak dipikirkan secara matang, sehingga terasa memaksakan.

Oleh karena itu, saya mau merekomendasikan 5 lagu favorit dari seri album ‘Punk Goes Pop’. Mari kita mulai~

Sleeping With Sirens – F**k You (CeeLo Green Cover)

Sebenarnya versi asli dari lagu ini sudah terdengar enak dengan musik dan nuansa video klip yang serba 80an. Namun, Sleeping With Sirens berhasil melakukan aransemen dengan mengubah lagunya menjadi terdengar lebih keras dan upbeat. Namun, mereka tidak melakukan hal tersebut secara berlebihan, masih terasa nuansa dari lagu aslinya, terutama pada vokal yang menggunakan harmonisasi pada beberapa bagiannya. Sehingga terasa perpaduan antara apik antara musik modern dan old school.

Selain itu, disamping membawakan lagunya dengan aransemen yang lebih gahar dengan distorsi dan breakdown, Sleeping With Sirens juga memberikan twist dengan memasukan unsur orkestra dan juga acapella yang ditambah dengan iringan beatbox. Sebuah eksperimen yang saya rasa cukup berhasil.

Grayscale – Love Yourself (Justin Bieber Cover)

Seperti lagu top 40 kebanyakan, Love Yourself yang dibawakan oleh Justin Bieber menceritakan tentang kisah cinta remaja yang hubungannya berakhir. Namun, Greyscale mengubah perspektif dari lagu ini menjadi sebuah anthem untuk mencintai diri dan tidak terlalu berfokus pada kekurangan yang kita miliki. Jika hanya mendengar lagunya, mungkin kalian masih akan terbawa oleh narasi yang ingin disampaikan oleh penyanyi aslinya, tapi setelah kalian menonton juga video klip dari Greyscale, saya yakin perspektif kalian akan langsung berubah dan mengamini apa yang saya katakan tadi.

Saya rasa dari keseluruhan band yang ada pada discography Punk Goes Pop‘, Grayscale melalui lagu ini adalah salah satu band yang melakukan cover secara niat, terkonsep, dan tidak asal-asalan.

A Day To Remember – Over My Head (Cable Car) (The Fray Cover)

Saya tidak perlu menjelaskan banyak mengenai lagu ini. Cukup mendengarkan beberapa detik pada awal lagunya, dan kalian akan setuju bahwa A Day To Remember sangat sempurna mengeksekusi lagunya menjadi milik mereka sendiri. Bahkan, saya lebih menyukai versi ini dibanding versi aslinya.

Unsur-unsur yang biasa terdengar pada lagu A Day To Remember terdapat semua pada cover ‘Over My Head (Cable Car)’ ini. Scream, breakdown, dan clean vocal semuanya berpadu secara ciamik sambil ditemani oleh dentingan piano pada background lagunya. Sehingga terasa bahwa ini bukan merupakan lagu cover.

Tonight Alive – Little Lion Man (Mumford and Sons Cover)

Tonight Alive mengambil aransemen dasar yang dilakukan oleh Mumford and Sons, tapi dengan twist memasukan riff-riff gitar yang kerasa pop punk banget, dan menghilangkan kesan folk yang sebelumnya terdengar pada lagu aslinya. Mereka juga sukses memberikan kesan klimaks pada bagian chorus lagunya dengan mengambil nada yang lebih tinggi. Bahkan kalau kalian belum pernah mendengar versi dari Mumford and Sons sebelumnya, kalian akan menyangka bahwa lagu ini adalah lagu original karya Tonight Alive.

Ya, Tonight Alive melakukan kerja yang sangat baik dalam meng-cover lagu ini.

Mayday Parade feat. Vic Fuentes of Pierce The Veil – Somebody That I Used To Know (Gotye feat. Kimbra Cover)

Banyak yang berpendapat bahwa versi cover dari ‘Somebody That I Used To Know’ yang dilakukan oleh Mayday Parade dan Vic Fuentes dari Pierce The Veil ini adalah yang terbaik. Karena mereka berhasil untuk membuat lagunya seperti karya yang mereka buat sendiri dengan mengubah lagu yang aslinya sangat minimalis menjadi lagu pop-rock yang upbeat.

Hasilnya, lagu ini merupakan lagu pertama dari seri album ‘Punk Goes…’ yang masuk ke Billboard Chart. Mungkin juga, melalui lagu ini ‘Punk Goes Pop‘ semakin dikenal oleh kalangan mainstream. Mungkin.

Nah, itu dia friend, 5 lagu favorit dari seri album ‘Punk Goes Pop’ versi Rich Music. Gimana, lumayan kan ngebuat kalian sedikit bernostalgia pada masa muda kalian dulu? Ciegitu. Kalau ada lagu favorit kalian yang nggak masuk ke list ini, jangan marah dong. Coba kasih tau kami lagu mana yang jadi favorit kalian pada keseluruhan discography ‘Punk Goes Pop’.

Related Articles

Back to top button