Lookout! Records, Label Punk Yang Berjasa Besar Untuk Karir Green Day

Udah bukan rahasia kalau Green Day-lah band punk yang benar-benar menjadi game changer di musik industri dengan lagu-lagu punk rock-nya yang sukses dan digemari para normies. Hal itu tentu saja diawali dengan rilisnya album perdana label mayor mereka yang bertajuk Dookie. Bahkan saking untuk mengeksploitasi kesuksesan Green Day, Warner Music sempat me-reissue dua album independen mereka yang awalnya dirilis oleh label punk rock seminal asal California, Lookout Records.

Saya rasa, momen reissue itu jugalah yang menjadi turning point dimana para penggemar Green Day mengetahui keberadaan label musik yang dianggap sebagai salah satu label punk rock terkeren pada zamannya tersebut. Oh kamu nggak tahu apa itu Lookout Records? Oke ijinkan saya bercerita tentang Lookout kalau begitu.

Awal mula aktifnya Lookout Records sebenarnya dimulai dari sebuah band bernama The Lookouts, dimana Larry Livermore (vokal & gitar) yang mempunyai ide untuk merilis album mereka secara do-it-yourself pada tahun 1987 silam. Di saat itu, Larry merasa tidak perlu untuk menghubungi suatu label musik untuk merilis musiknya kalau semua itu bisa dia kerjakan sendiri. For your information, drummer Lookouts sekarang udah jadi seorang drummer punk rock yang terkenal seantero dunia karena bermain bersama Green Day. Yep, dia adalah Tre Cool.

The Lookouts. Kiri ke kanan: Tre Cool, Kein Kong, dan Larry Livermore

Setelah Larry merilis album Lookouts, mereka mulai sering bermain di 924 Gilman Street, sebuah venue non-profit yang dikelola oleh para pegawai sebuah “majalah” musik cutting-edge Maximum Rock ‘N Roll. Di saat yang sama, Larry dan salah satu penulis MRR, David Hayes, sadar kalau banyak banget band-band lokal yang main di Gilman Street itu hampir semuanya belum punya dokumentasi lagu mereka dalam bentuk rilisan. Akhirnya kedua orang itu menginisiasi sebuah kompilasi yang berjudul Turn It Around sebagai salah satu langkah untuk bisa mendokumentasikan band-band lokal asal East Bay yang keren. Dan itulah rilisan resmi pertama dari Lookout Records, yang awalnya hanya dikerjakan oleh dua orang tersebut.

Kompilasi Turn It Around

Lama-lama Larry dan David mulai merilis band-band Gilman lainnya seperti Crimpshrine, Sweet Baby, Mr T Experience dan bahkan dua band yang bisa dibilang memiliki penjualan tersukses di Lookout, yakni Operation Ivy (cikal bakal dari Rancid) dan Green Day. Di tahun 90an, Lookout Records bisa dibilang merupakan salah satu raja label musik independen yang selalu merilis rilisan-rilisan keren dari berbagai band yang keren juga. Contohnya kayak album penting dalam sejarah pop punk, My Brain Hurts milik Screeching Weasel dan album terbaik milik The Queers, Don’t Back Down. Jelas penting friend, dua album itu udah dianggap kayak holy grail-nya para punk rockers. Teenage Bottlerocket aja jelas-jelas nyomot banyak aspek dari kedua album itu buat musik mereka.

Rilisan-rilisan Lookout Records

Nah kita balik lagi ke Green Day. Dua album Green Day yang berjudul 1,039 Smoothed Out Slappy Hours dan Kerplunk! merupakan katalog Lookout dengan penjualan tertinggi di sejarah mereka. Itu pun terjadi ketika Green Day belum masuk label mayor. Lagu-lagu Green Day yang asyik dan aksi panggung mereka yang tengil untuk ukuran sebuah band pop punk cinta-cintaan disukai banget sama para punkers hampir di seluruh dunia. Bayangin friend, Green Day tuh udah ngalamin manggung keliling Eropa dan Australia sebelum album Dookie keluar. Karena emang lagu-lagu di dua album rilisan Lookout tersebut bagus banget. Nah saking bagusnya, sampe para A&R label musik mayor kesengsem buat ngontrak mereka dan berharap bisa mengulang kesuksesan Nirvana yang berhasil membombardir industri musik dengan sound grunge-nya yang keras. Dan well, lihat aja hasilnya hari ini. Semenjak Green Day masuk label mayor, semua orang di dunia jadi kenal yang namanya punk rock.

Tapi tetep sih, dibalik kesuksesan Green Day, peran Lookout Records sebagai label pertama Green Day itu berpengaruh banget. Meski pun kalau ngomongin skala distribusi masih jauh banget sama label mayor, Lookout Records berhasil mengorbitkan Green Day untuk menggapai kesuksesan yang lebih tinggi. Bahkan konon katanya, waktu Green Day bingung mau masuk mayor atau nggak, mereka sempet nggak mau ngambil kesempatan itu karena Lookout dirasa masih bisa ngurusin Green Day dengan baik. Nggak kebayang deh kalau Green Day beneran masih di Lookout, mungkin Lookout bisa jadi terkenal banget kayak Fat Wreck atau Epitaph hari ini. Ya meski di segmen yang lebih underground, Lookout mungkin masih menjadi label yang spesial di hati para pendengarnya.

Green Day di Gilman Street ketika masih menjadi bagian dari Lookout Records

Cukup disayangkan mengingat fakta bahwa Lookout Records udah bubar dan yang mereka tinggalkan hanya kenangan rilisan-rilisan plus legacy mereka ketika masih aktif. Tapi kalau mau merunut label apa yang paling influensial untuk perkembangan punk rock secara global, saya rasa Lookout Records-lah yang lebih mumpuni. Fat Wreck dan Epitaph mungkin memang berpengaruh juga, tapi mereka banyak belajar juga dari Lookout Records untuk menjalankan sebuah bisnis label rekaman secara independen dan punk.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button