In Hearts Wake Rilis Album Ramah Lingkungan Berjudul ‘Kaliyuga’

Pada Jumat (7/8) kemarin, In Hearts Wake baru saja merilis single berjudul, Moving Onyang merupakan bagian dari album terbarunya, Kaliyugayang dirilis pada hari yang sama. Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada proses perekaman album terbarunya, kuintet metalcore asal Australia tersebut melakukan pendekatan yang ramah lingkungan alias eco-friendly.

Pasti di antara kalian banyak yang bertanya-tanya, bagaimana implementasi ide tersebut dalam kegiatan nyatanya. Ternyata, pada proses penggarapan albumnya, In Hearts Wake berusaha seminimal mungkin untuk meninggalkan limbah yang mencemari lingkungan. Oleh karena itu, rilisan fisik dari ‘Kaliyuga’ dibuat dari bahan-bahan daur ulang yang tentunya ramah lingkungan. Kepikiran dan niat banget. Salut.

Selain itu, mereka juga mengaku menghitung setiap penggunaan listrik, konsumsi makanan, bahkan jarak tempuh kendaraan yang mereka gunakan pada saat merekam album tersebut.

“Ketika proses perekaman (album), kami mengukur setiap stop kontak, menghitung setiap lampu, berat barang, konsumsi makanan, jarak tempuh perjalanan, dan biaya penerbangan. Kami kemudian dapat menemukan total jejak karbon dan mengimbanginya dengan mendukung proyek pembangunan kembali First Nations Land di Australia,” terang Jake Taylor.

“Misi kami adalah untuk membantu mendukung dan mempertahankan kehidupan di bumi yang telah membuat kami menyadari bahwa ‘less is more’. Banyak industri yang berkembang, dan sebagai musisi kami merasa inilah saatnya untuk melakukan bagian kami. Sudah cukup menantang bagi kami untuk mengatasi rintangan dari ritel, menemukan bahan yang sustainable, dan perusahaan yang sejalan dengan pemikiran kami, tapi dengan melakukan sedikit research, akhirnya kami menemukan bahwa ada banyak solusi di luar sana,” tambahnya.

Wah, keren banget kan, friend? In Hearts Wake membuktikan bahwa kita bisa berpartisipasi pada berbagai hal, bahkan yang mungkin terlihat seperti bidang yang nggak nyambung sama sekali. Tinggal seberapa besar niat kita untuk ingin membantu dalam hal tersebut.

Bagi kalian yang penasaran, gimana sih hasil dari usaha keras yang dilakukan sama In Hearts Wake dalam pembuatan album ‘Kaliyuga’, kalian dapat mendengar melalui single ‘Moving On’ berikut ini.

Related Articles

Back to top button