Gulf of Meru Rilis Debut Album Berjudul ‘Tethered Expression of Mortal Progress’

Mungkin kebanyakan dari kita terlalu berfokus dalam memperhatikan scene dari musik yang kita sukai aja, dan abai terhadap apa yang terjadi di scene lain. Padahal mungkin apa yang terjadi di scene lain tersebut jauh lebih menarik dibanding apa yang kita ikuti. Salah satu scene musik yang cukup aktif bergeriliya pada tahun 2020 kemarin adalah scene musik electronic. Walaupun mungkin nggak terlalu banyak yang ngeh terhadap pergerakannya.

Ada cukup banyak rilisan musik electronic menarik yang dilepas pada tahun 2020 silam, di antaranya adalah rilisan dari BAGVS, Moda Ekuator, VT-00, dan beberapa nama lainnya. Pada Jumat (1/1) kemarin muncul satu nama lagi yang ikut meramaikan, yaitu Gulf of Meru yang baru saja merilis debut albumnya, Tethered Expression of Mortal Progress. Tapi, berbeda dengan nama-nama yang saya sebutkan sebelumnya yang memainkan musik electronic yang danceable, Gulf of Meru memilih untuk melakukan pendekatan melalui nuansa yang lebih kelam nan kontemplatif ala ambient dan post-rock.

Gulf of Meru merupakan moniker dari F.A. Poetra Tiardha, yang sebelumnya lebih sering memberikan kontribusi di balik layar sebagai seorang produser musik. Tercatat beberapa nama yang telah berkolaborasi dengannya, di antaranya adalah Indra Lesmana, Rumahsakit, The Trees and The Wild, hingga Eleventwelfth! Range kolaborasinya cukup luas juga kan, friend? Makanya, nggak perlu ditanya lagi kalau soal kualitas produksi mah. Pasti jempolan.

Album ‘Tethered Expression of Mortal Progress’ ternyata digunakan oleh Gulf of Meru untuk melengangkan atensi para pendengarnya yang kian terserap oleh urusan kehidupan sehari-hari dan sadar terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.

“Kadang kita terlalu sibuk memberi makan ambisi dan ego personal untuk mencari makna eksistensi. Pada akhirnya, selalu ada variabel lain di luar diri kita yang jauh lebih besar,”ujarnya melalui siaran pers.

Pada proses produksinya, album ini dibantu oleh Remedy Waloni dari The Trees and The Wild sebagai co-producer, dan Duta Adipati untuk urusan artwork-nya.

Rilisan dari Blank Orb Recordings tersebut kali ini udah bisa kamu nikmati di berbagai layanan streaming favorit kamu, friend. Buat kamu yang lagi nyari alternatif musik buat kamu dengerin, boleh banget coba resapi suguhan teranyar dari Gulf of Meru ini. Siapa tahu malah jadi tertarik buat menyelami scene electronic lokal lebih dalam lagi. Siapa tahu~

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button