Geliat Musik Cutting Edge di Negeri Bollywood, India

Shah Rukh Khan, Ami Taba Chan, Kuch Kuch Hota Hai, roti prata, pedagang makanan kaki lima yang mengobok dagangannya dengan tangan yang kotor… aaaaah nggak bisa dipungkiri kalau semua itu yang muncul pertama kali di dalam kepala saya kalau sedang membahas tentang negara India. Mau bagaimana lagi? Semua itu yang terpapar di pengetahuan saya dari kecil dan beberapa konten meme yang tersebar di internet soal negara itu. Tapi siapa yang menyangka kalau Indie punya scene musik cutting edge yang sangat aktif? Setelah dipantau lebih dalam, ternyata geliat non-mainstream di negara yang terkenal akan industri film Bollywood itu sangatlah sporadis dan mempunyai kisaran band yang menarik.

Salah satu band asal India yang menarik hati saya adalah The Vinyl Records.

The Vinyl Records

Unit post punk asal New Delhi ini cukup membuat saya mengernyitkan dahi ketika awal menemukan mereka. Pasalnya, rata-rata berita musik cutting edge yang saya baca soal India biasanya band-bandnya berkutat di ranah metal atau hardcore. Unik banget rasanya bisa nemuin band post punk ala Flock Of Seagulls di India. Keren.

Saya pun kembali dibuat terkagum oleh sebuah band yang bernama Punk On Toast yang berasal dari Mumbai. Sound west coast punk ala Pennywise dimainkan secara ciamik oleh kuartet punk rock ini. Bahkan reputasi mereka di negera asalnya pun terbilang positif dan diperhitungkan. Buktinya mereka bisa mendapatkan eksposur di Rolling Stone cabang India. Jarang-jarang ada band punk rock bisa menembus garda media musik yang identik dengan musik mainstream dan sidestream lho, friend.

Punk On Toast

Di ranah hardcore punk, saya pun baru menemukan sebuah band belia yang berasal dari Mumbai dan baru saja merilis mini album terbarunya yang bertajuk Strength In Dumbers. Mereka adalah The Riot Peddlers.

Meski secara nuansa musik tidak memberikan khasanah atau ciri khas yang signifikan, cukup menyegarkan rasanya ada band hardcore punk di India seperti The Riot Peddlers yang bisa dibilang menjadi salah satu sumbu musik hardcore punk di negara tersebut. Mungkin kamu yang lagi baca ini bisa aja korespondensi dengan mereka dan membuat suatu karya seperti split album? Karena saya rasa, belum ada deh rasanya band lokal dari sini yang bikin rilisan split sama band asal India. Kalau beneran bisa kejadian, keren banget rasanya.

Berbicara kiprah musik punk rock dan hardcore di India, scene di sana masih terbilang kecil dan tidak masif. Meski pun begitu, semua pelaku dan band di dalamnya terbilang solid dan tetap produktif. Berbeda dengan kancah metalnya, punk rock di India memang tidak terlalu diminati seperti di Indonesia. Semua aspek yang meliputi ekosistem di scene tersebut masih berjalan secara underground dan grassroot. Plus, kalau mau dirunut dari segi tren musik yang terpantau di India 10 tahun ke belakang, metal memang lebih digandrungi oleh orang-orang di sana.

Tapi menurut saya sih, scene punk di India seharusnya bisa mendapatkan eksposur dan apresiasi yang lebih di masa seperti sekarang. Ya kembali lagi ke bahasan mengenai akses informasi yang sangat mudah bisa dijangkau via internet sih, friend. Aspek eksplorasi musik bukanlah hal yang sangat sulit dilakukan hari ini. Dan akuilah, kisaran pendengaran musik cutting edge masih didominasi oleh artis-artis dari negara superpower seperti Amerika Serikat dan Jepang. Bukan hal yang buruk sih, friend. Tapi seperti notion yang selalu saya promosikan di banyak tulisan Rich Music Online, tidak ada salahnya untuk membuka cakrawala baru di musik. Siapa tahu bisa membuka korespondesi baru yang membuahkan jalan atau rezeki baru, friend. Go check some cool stuff from India!

Show More

Related Articles

Back to top button