Extreme Moshpit Awards 2020: Torehan 13 Tahun Eksis di Kancah Musik Ekstrem

Extreme Moshpit resmi menayangkan Extreme Moshpit Awards 2020 pada Sabtu (28/11) kemarin. Sebuah tontonan ajang award yang meliputi aspek musik sebagai dasar penilaiannyanya. Acara tersebut dilakukan diselenggarakan pada Hotel El-Cavana, di bilangan daerah Pasirkaliki, Bandung. Setiap pemenang dikuratori oleh tiga orang panelis yaitu; Rian Pelor, Rudolf Dethu, dan Helvi SJ. Nama-nama yang tentu saja kredibilatasnya dalam hal musik nggak perlu dipertanyakan lagi. Program ini juga banyak melibatkan band-band muda sampai nama-nama senior di kancah musik Indonesia.

Tidak hanya nama-nama besar musik tanah air, nominasi dari setiap kategori juga diisi oleh band-band muda yang memiliki talenta tak kalah bagus dengan band-band kaliber di kancah musik nasional, semisal Bananach, Muchos Libre, Haze, hingga The Panturas. Terlebih, mereka yang menghuni kategori Rookie karena berfokus pada talenta-talenta muda yang belum mendapatkan atensi secara massif.

extrememoshpit.tv

Dalam program ini juga memperlihatkan penampilan yang disuguhkan oleh Revenge the Fate, Death Vomit, Navicula, dan EdanE. Dan tak lupa, penghormatan untuk musisi-musisi berpengaruh di ranah musik arus pinggir berupa tayangan singkat dalam rangka mengenang mereka yang telah tiada.

Terdiri dari enam kategori terbaik beratasnamakan “ekstrem” dalam ranah musik nasional di berbagai unsur, yakni; musik video, label rekaman, rookie (band pendatang baru), sampul album, llve act, dan album terbaik. Setelah mengalami proses kurasi dan penilaian, akhirnya beberapa nama berikut terpilih untuk memenangkan kategori-kategori tersebut dimenangkan oleh beberapa nama berikut;

  • Musik Video: Muchos Libre
  • Label Rekaman: Grimloc Records
  • Rookie: Amorfati
  • Artwork Album: Kala – ‘Litany Of Dissonant Souls’
  • Live Act: Burgerkill
  • Album: Morgue Vanguard x Doyz – ‘Demi Masa’
Suasana shooting Extreme Moshpit Awards 2020

Pembacaan pemenang dari setiap kategori disebutkan oleh musisi-musisi ternama, seperti; Dina Delyana (HMGNC), Buluk (Superglad), Robi (Navicula), Danilla, Danilla,Eet Sjahranie (EdanE) dan Otong (Koil). Kimung, salah satu tim produksi dan panitia menjelaskan, “Indikator yang mempengaruhi penilaian dari masing-masing nominasi, yaitu stand out dan karakter”.

Begitupun dengan kualitas musik dalam kata “ekstrem” yang mereka sematkan di dalam konsep acaranya. Ekstrem yang dimaksud bukan hanya dari musikalitas yang gahar dan brutal, tapi ditinjau dari segala aspek, termasuk lirik atau movement yang telah dilakukan. “output yang kita harapkan dari acara ini, yaitu mampu menciptakan spirit regenerasi dengan kualitas yang mumpuni”. Sekali lagi, selamat bagi para pemenang!

Suasana shooting Extreme Moshpit Awards 2020

Oleh Ilham Fadilah

Related Articles

Back to top button