‘Penumbra’, Kolaborasi Apik Antara Deathcore dan HipHop dari Eternal Desolator

Mendekati akhir tahun, semakin banyak band mengeluarkan karya-karya menarik yang seakan membuktikan bahwa orang-orang yang telah membuat daftar pilihan karya musik yang dirilis pada tahun ini itu terlalu cepat menyimpulkan, karena kebanyakan telah melepas daftar pilihannya sejak pertengahan bahkan awal Desember kemarin. Ada beberapa nama yang seakan membuktikan hal tersebut, salah satunya adalah sebuah unit deathcore asal Purwokerto bernama Eternal Desolator, yang baru saja merilis sebuah single ciamik nan berbahaya berjudul Penumbra’.

Single ini merupakan karya pertama yang dirilis selepas mereka mengeluarkan album perdananya, ‘mnipotence Paradox’ pada tahun 2019 silam. Selain itu, melalui ‘Penumbra’ juga menjadi penanda berakhirnya era album tersebut dan memberi ancang-ancang untuk menyambut album kedua dari Eternal Desolator yang saat ini masih dalam tahap produksi.

Sebagai penanda sekaligus pembeda, pada ‘Penumbra’, Eternal Desolator mengajak salah satu rapper bernama Dracul untuk mengisi beberapa bagian yang membuat single terbarunya tersebut semakin terdengar menarik. Perpaduan antara blast beat, breakdown tak terduga, sound gitar yang disonan ala musik deathcore/metalcore, yang digabungkan dengan bass drop dan hentakan musik elektronik sebagai bumbu penyedap pada beberapa bagiannya yang diiringi oleh rapalan lirik rapat dari Dracul, cukup membuat sebuah pengalaman yang baru dan menarik, setidaknya bagi saya personal.

Kedua elemen musik yang berbeda tersebut dapat diramu secara baik sehingga terasa padu, seamless, dan tidak terdengar memaksakan, semuanya terdengar begitu mengalir secara natural. Sebuah hal yang menurut saya gagal dilakukan oleh beberapa band yang menggunakan konsep perpaduan serupa.

Secara narasi, ‘Penumbra’ bercerita tentang keadaan ambang batas sadar dan alam bawah sadar manusia yang saling bertautan antara satu dengan yang lainnya, dan pada akhirnya berdampak pada pola pikir dan tingkah laku dari manusia tersebut.

Nah, bagi kamu yang masih research buat menentukan daftar karya musik favorit kamu di tahun 2020 ini, rasanya harus banget ngedengerin single terbaru dari Eternal Desolator ini, karena saya yakin bakalan jadi salah satu favorit kamu. Percayalah~

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button