Empat Tahun Tertidur, Ankara Kembali dengan Merilis Single ‘Still Smells Like You’

Meskipun sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, nyatanya pengaruh gelombang musik hasil dari fenomenda hardcore kids goes indie-rockers, seperti Turnover, Hundredth, Title Fight, dan yang lainnya masih cukup terasa kuat, terutama di Indonesia. Kali ini, berita datang dari sebuah band asal Jakarta bernama Ankara, yang juga mengadopsi style tersebut sebagai karakter utama dari sound yang mereka bawakan. Pada Jumat (4/12) lalu, mereka baru saja merilis single terbarunya yang berjudul Still Smells Like You.

Single tersebut merupakan penanda comeback-nya mereka setelah selama 4 tahun “tertidur” tanpa merilis karya apapun. Tentunya jeda yang cukup panjang tersebut mereka gunakan untuk kembali mengolah karakter musik yang mereka bawakan, dan hal tersebut sangat terasa hasilnya. Berbeda dengan materi di EP terdahulunya, ‘Bipolar Mind’, yang terdengar lebih nge-pop, pada single ‘Still Smells Like You’, mereka melakukan pendekatan yang cukup berbeda dengan injeksi nuansa shoegaze yang cukup kental.

Walaupun berhasil melakukan perubahan sound yang cukup drastis, saya rasa belum ada sesuatu yang terasa istimewa pada sound yang dibawakan pada single terbarunya tersebut. Tapi, saya bisa cukup maklum, sih, mengingat ini adalah karya pertama dengan membawakan style terbarunya tersebut. Mungkin membutuhkan beberapa waktu lagi untuk pada akhirnya Ankara membentuk karakternya sendiri. Kita tunggu aja, friend.

Berbicara mengenai narasinya, ‘Still Smells Like You’ bercerita mengenai aroma yang tetiba tercium walaupun udah lama nggak bertemu. Sebuah hal sederhana yang pastinya pernah dirasakan oleh semua orang. Relatable banget lah pokoknya mah.

Ternyata, ‘Still Smells Like You’ telah direkam sejak dua tahun lalu dan direncanakan akan menjadi bagian dari album terbaru Ankara. “’Still Smells Like You’ sebenernya udah dikerjain dari dua tahun lalu, tapi baru berani masuk dapur rekaman (pada) Januari 2020, akibat pandemi, jadi harus tertunda dulu pengerjaan album, dan kita rilis single ini duluan,” ungkap Ankara melalui siaran pers.

Sambil menunggu bagaimana jadinya album terbaru Ankara tersebut, sekarang mah nikmatin dulu aja salah satu single-nya yang berjudul ‘Still Smells Like You’ di bawah ini, friend!

Related Articles

Back to top button