Eleanor Whisper, Kombinasi Apik Antara Senandung Kebahagiaan dan Kesedihan

Di antara teman-teman semua, mungkin masih banyak yang berfokus untuk mendengar ataupun ngulik musisi/band yang ada di seputaran Pulau Jawa saja. Sebenernya nggak masalah sih, tapi nggak ada salahnya loh, buat coba explore selain yang berasal dari Pulau Jawa. Karena berdasarkan pengalaman saya, secara materi ataupun kualitasnya nggak kalah keren dengan musisi/band yang udah sering kita nikmati sebelumnya.

Nggak percaya? Nih, saya baru nemu salah satunya dari band yang ngirim submission ke tim Rich Music. Band yang saya maksud adalah Eleanor Whisper asal Medan yang materinya berani banget lah buat diadu. Kuartet beranggotakan Ferri (Vokal/Gitar), Andika (Gitar), Tm Furqan (Bass), dan Arep (Drum) tersebut membawakan musik alternative-rock/indie-rock yang easy listening.

Tapi, selain kedua musik tersebut yang menjadi fondasi utama pada setiap lagunya, Eleanor Whisper juga secara cerdik tetap memasukan unsur pop, sehingga bagi pendengar awam yang tidak terlalu mendengar alternative-rock/indie-rock pun akan dengan mudah menyukai mereka.

via siasatpartikelir.com

Setelah saya cari tahu lebih jauh, ternyata band ini terbentuk sejak tahun 2015 dan masih aktif hingga saat ini! Pada sepanjang perjalanan karirnya, mereka telah merilis 1 album, 1 EP, dan 3 single. Wah, produktif banget yaa, friend? Pada tahun 2018, mereka bahkan pernah melakukan tur promo ke beberapa kota di Jawa & Bali. Wah, sayang banget saya baru tahu sekarang, kalau udah tahu dari dulu, mungkin saya bakalan datang ke acara tur mereka.

Selain tentunya agar bisa dikenal lebih luas, tur tersebut juga dilakukan demi membuktikan bahwa walaupun berasal dari daerah, mereka tetap bisa ikut meramaikan industri permusikan ini. Ngeri. Harus diakui, menurut saya, salah satu kekurangan band yang berasal dari daerah itu dari segi promosi dan eksposur. Dan salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan melakukan tur.

Eleanor Whisper – What’s Past Is Prologue

Di era modern ini, nggak susah loh buat terkoneksi antar kota atau negara, cuma modal internet dan kemauan aja, kalian bisa berjejaring ke manapun. Dari hasil jejaring tersebut kalian bisa barter promo, atau saling mengorganisir acara untuk satu sama lain. Mudah banget pokoknya!

Kembali ke musik dari Eleanor Whisper, secara garis besar narasi yang dibawakan melalui lagu-lagunya bercerita soal berisi mengenai hal-hal melankolis yang mampu membuat orang berkeliaran baik dalam kebahagiaan atau kesedihan. Hal tersebut kemudian dikemas oleh musik ataupun lirik yang terasa ringan namun tidak membosankan. Bagi kalian penyuka band-band seperti Dried Cassava, Polka Wars, ataupun Reality Club, saya rasa bakalan cocok banget buat dengerin Eleanor Whisper.

Beberapa bulan lalu juga mereka baru saja merilis single terbarunya, ‘Broken Hearted For Stranger is Such A Feeling That I Adore’, panjang banget judulnya, hadeh. Single tersebut rencananya akan menjadi bagian dari EP terbarunya yang akan dirilis tahun ini.

Nggak sabar rasanya menunggu langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Eleanor Whisper, apakah mereka akan berpindah dan menetap di Jakarta atau sekitarnya seperti yang dilakukan rekan sekotanya, Pijar? Yaa, kita tunggu aja, friend.

Yuk, mulai sekarang kita eksplorasi band-band yang berasal dari manapun, dan tentunya bantu mempromosikan mereka lewat sosial media yang kita punya. Suatu hal sederhana yang berarti banget buat si band-nya. Gampang banget kan caranya, friend?

Buat kamu yang karyanya mau diulas juga oleh tim Rich Music, jangan lupa kirimkan profile kamu melalui tautan ini yaa! Ditunggu lho~

Instagram: @eleanorwhisper

Related Articles

Back to top button