EÄZZ Sajikan Suguhan yang Berbeda Melalui ‘The Greatest Part from Ocean Eyes’

Di era yang serba mudah seperti sekarang, kalian nggak perlu orang banyak jika ingin berkarya dalam format band. Cukup kalian sendiri ditemani oleh ide dan juga gear-gear favorit kalian, dan voila, kalian dapat mulai berkarya. Seperti yang dilakukan oleh Alfi Fisfiran dengan moniker EÄZZ. Setelah merilis EP perdananya, ‘Aisle’ pada tahun 2019 silam, pada Jumat (11/9) kembali mengeluarkan karya terbarunya dengan judul The Greatest Part from Ocean Eyes.

Secara musik, terjadi perubahan yang cukup signifikan kalau dibandingkan dengan karya terhadulunya. Pada single ‘The Greatest Part from Ocean Eyes’, memiliki nuansa yang lebih kelam dan sendu. Terjadi sebuah proses yang sangat umum dilakukan oleh banyak band, yaitu mengeksplorasi berbagai sound untuk kemudian menemukan formula yang pas bagi musik mereka.

“Referensi yang dimainkan jomplang jauh sama lagu-lagu kemarin. Sekarang lebih sendu, sementara kemarin nada-nadanya ceria. Kiblat musik saja sudah beda, terpengaruh oleh Beach House, Slowdive, dan Sigur Ros,” jelas Alfi.

Seiring dengan perubahan sound, narasi yang dibawakan juga cukup berbeda dengan lagu-lagu yang ada pada EP ‘Aisle’. Jika pada EP tersebut EÄZZ bercerita mengenai kisah cinta yang terjadi pada masa lalunya, pada ‘The Greatest Part from Ocean Eyes’, Alfi bercerita mengenai toxic relationship yang terinspirasi oleh cerita dari temannya. Memang yaa, yang Namanya ide atau inspirasi mah bisa datang dari mana aja, nggak melulu muncul dari pemikiran sendiri.

“Dampak toxic relationship itu besar buat diri sendiri, ada perang batin yang lantas mengganggu sekali bahkan saat kita mau melakukan aktivitas sehari-hari,” tambahnya.

Narasi tersebut kemudian dibungkus dengan analogi yang terdapat pada literatur klasik berjudul ‘The Old Man and the Sea’ karya Ernest Hemingway, di mana kita adalah manusia yang sedang berjuan dalam analogi lautan asing, ikan marlin, serta kawanan hiu ganas. Saya akhirnya paham, alasan kenapa cerita mengenai toxic relationship ini diberi judul ‘The Greatest Part from Ocean Eyes’.

Buat kamu yang penasaran, langsung aja nikmati single terbaru dari EÄZZ, ‘The Greatest Part from Ocean Eyes’ melalui tautan di bawah ini. Enjoy juragan~

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button