‘Coastal Campaign Clean Up’, Sisi Lain Bisma Rocket Rockers

Bandung – Kenal dengan Bisma Aria Nugraha? Ya, pria kelahiran 22 Februari 1982 ini merupakan pemain bas dari grup band Rocket Rockers.

Tapi, yang tak banyak diketahui, di samping kesibukan bermusiknya bersama Rocket Rockers, belakangan ini Bisma sedang fokus menjalankan kampanye bertema lingkungan bersama merek pakaian yang dimiliknya yakni GVFI.

‘Coastal Campaign Clean Up’ adalah nama kegiatan yang mereka jalankan belum lama ini.

Kepada BeritaBaik, Bisma menjelaskan, Coastal Campaign Clean Up ini merupakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik yang dijalankan bersama di Pantai Santolo, Garut.

“Sebetulnya sesimpel itu aja sih. Bersih-bersih sampah plastik. Tentu dengan harapan, kegiatan yang simpel ini bisa ngasih output yang positif untuk kita semua,” ujar Bisma, di Bandung (6/2/2020).

Keinginan Bisma untuk terjun langsung ke pantai bermula dari kesukaannya dalam olahraga air seperti menyelam atau berselancar. Bahkan, ia menuturkan, disela-sela perjalanan pulang manggung dari daerah timur pulau Jawa, ia biasanya mampir ke salah satu pantai di daerah Batukaras untuk menyalurkan hobinya tersebut.

Ia menuturkan, yang paling membulatkan tekadnya untuk menggelar kegiatan ini saat mengunjungi Pantai Santolo, bulan Oktober silam.

“Berangkat dari situ, terus kan GVFI ini juga kan apparel yang produknya enggak jauh dari itu (olahraga air). Tapi, saya ngerasa kok kita belum terjun langsung ke pantai-nya ya? Saya pikir awalnya begitu,” papar Bisma.

Oleh karenanya, ia bersama tim, mengajak The Green Team dari lembaga kemanusiaan Explore! untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini. Sehingga, total tim yang terjun dalam ‘Coastal Campaign Clean Up’ berjumlah 17 orang.

Kebetulannya lagi, salah satu mantan punggawa Rocket Rockers yaitu Lowp (eks-gitaris) merupakan salah satu anggota dari Explore! ini.

“Ngobrol sama Lowp untuk ngajak tim-nya, mereka oke, dan akhirnya kita jalan ke lokasi 19 Januari,” kata Bisma.

Ia juga merasa sangat senang bisa menjalankan kegiatan ini dan berharap dari tim kecil di kegiatan ini bertambah lagi di kegiatan clean up berikutnya. Bisma juga menambahkan, kegiatan ‘Coastal Clean Up’ ini tidak berfokus pada bersih-bersih pantai-nya, melainkan bisa juga di ‘jilid keduanya’ akan bersih-bersih kota atau City Clean.

“Kita fokus sama sampah plastiknya,” kata Bisma.

Sampah plastik menjadi fokus karena dalam pandangan Bisma dan kawan-kawan, sampah plastik merupakan masalah besar yang harus ditangani sejak sekarang. Terlebih, sampah plastik tidak bisa diurai dalam waktu singkat.

“Di Santolo tuh pantainya keren banget, sumpah! Tapi banyak sampah. Dan kita fokus sama sampah plastik aja. Kita angkutin. Karena kalau sampah non-plastik kita pikir sih akan cepat terurai,” papar Bisma.

Karena ini merupakan kegiatan perdana, Bisma juga memberi catatan kepada TemanBaik yang mungkin berniat melakukan aksi yang sama. Ia menyebutkan, ‘coastal clean up’ idealnya dilakukan tak lebih dari pukul 06.00 WIB.

“Jadi, kita itu mulainya bisa dibilang terlambat. Pukul 07.30 baru mulai. Jadi idealnya memang pukul 06.00 itu udah jalan. Karena kalau terlalu siang, panasnya di pantai itu panas banget. Kita jadi gampang capek dan bersih-bersihnya jadi enggak maksimal,” papar Bisma.

Mengenai rencana ke depannya, Bisma bersama kawan-kawan di GVFI akan terus memperlebar kampanye lingkungan ini. Seperti disebutkan sebelumnya, tak menutup kemungkinan mereka akan menggelar kegiatan city clean up atau bersih-bersih kota.

“Enggak perlu jauh-jauh sih. Di sekitar kita aja. Dan pastinya, kita akan melibatkan komunitas yang dekat dengan tema ‘kota’ ini. Kan bisa tuh kayak anak-anak skateboard, misalnya,” kata Bisma, dengan nada sedikit membocorkan kegiatan berikutnya.

Sebagai pamungkas, Bisma mengajak kepada kita semua, TemanBaik, untuk mulai mengurangi konsumsi plastik dan menjaga lingkungan. Ia menuturkan, isu sampah bisa jadi masalah besar jika kita terlena.

“Enggak perlu skala besar. Dari skala RT (Rukun Tetangga) atau satu blok di perumahan aja, itu kalau eenggak di-manage dengan baik, bahaya lho,” katanya.

Mengenai kegiatan selanjutnya bersama GVFI, Bisma berharap kegiatan ini akan segera terlaksana dalam waktu yang secepatnya.

“Tungguin aja. Movement itu pasti kita lakuin. Semoga temen-temen bisa pada gabung ya,” pungkasnya.
Foto: dok. Coastal Clean Up Campaign

Related Articles

Back to top button