‘Butaneko’ , Persembahan dari Muchos Libre Bagi Para Pemalas

Bagi kamu para penikmat musik yang sedang menyusun daftar album ataupun single lokal favorit yang hadir di tahun 2020 ini, rasanya kamu harus bersabar dulu sebelum mempublikasikan hasil risetmu itu. Karena menjelang akhir tahun, makin banyak band yang produktif merilis karyanya, dan kalau diliat dari kisi-kisi yang mereka kasih sih, banyak yang menarik. Salah satunya adalah single terbaru dari sekstet garage-rock asal Bandung, Muchos Libre, yang berjudul Butaneko.

Butaneko sendiri sebenarnya merupakan penggabungan dari dua kata, yaitu Buta dan Neko, yang berarti babi dan kucing. Tentunya penggabungan kedua kata tersebut bukan tanpa sebab, karena pada narasi lagunya, Muchos Libre mencoba untuk menggambarkan sifat orang pemalas yang dilambangkan melalui seekor babi ternak yang memilih untuk berubah menjadi kucing agar tidak dijadikan daging olahan.

’Butaneko’ adalah metafora kehidupan manusia di banyak kalangan, begitu banyak orang didikte untuk menjadi dokter, professor, pengusaha sukses, ataupun staf pemerintahan atas keinginan orang tuanya atau oleh lingkungan sekitarnya. Sehingga banyak orang tidak diberikan kesempatan untuk memilih menjadi sesuatu yang sejalan dengan hatinya,” ungkap Bagongtempur melalui siaran pers.

Selain itu, single terbarunya ini dirilis bersama dengan sebuah video klip unik dalam bentuk animasi yang dikerjakan sendiri oleh duo vokalisnya, Bagongtempur dan Korongmentah. Dibuat dengan konsep yang sederhana, tapi cukup ribet pengerjaannya, yaitu menggunakan metode rotoskop. Di mana mereka harus melakukan tracing frame by frame pada keseluruhan videonya. Melalui akun sosial medianya bahkan Bagongtempur mengungkapkan total ada 5000 frame pada video klip animasi tersebut. Edan!

Pada video tersebut juga disisipkan lirik dengan huruf hiragana dan kanji yang bertujuan agar para pendengarnya nggak bisa membaca tulisan tersebut. Si antik! Saat band lain berlomba bikin video lirik biar pendengarnya sing along, ini malah sebaliknya. Hadeh.

Dengan adanya momentum perilisan ini, semoga album Muchos Libre yang sudah lama dikabarkan sedang dalam proses pengerjaan bisa segera rampung. Jadi, gimana menurut kalian? Apa ‘Butaneko’ layak jadi salah satu single terbaik yang dirilis tahun 2020 ini versi kalian? Kalau aku sih, YES!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button