Bukan Hanya Untuk Bersenang-Senang, 4 Lagu Ini Ajak Para Pendengarnya Agar Lebih Aware Mengenai Isu Kesehatan Mental!

Banyak yang beranggapan bahwa isu mengenai kesehatan mental merupakan suatu hal yang cukup tabu untuk dibahas. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, banyak kelompok yang mulai menggaungkan untuk terbuka membicarakan hal tersebut. Selain untuk menyebarkan awareness kepada masyarakat umum, hal tersebut juga dilakukan untuk membuat orang-orang yang memiliki isu terkait kesehatan mental untuk meyakinkan bahwa mereka tidak sendiri, dan jika membutuhkan bantuan akan ada banyak orang yang siap untuk membantunya.

Ternyata, kegiatan tersebut bukan hanya diadakan oleh sebagian kelompok yang memang concern terhadap hal itu saja. Para musisi juga banyak yang mulai menyisipkan pesan mengenai isu kesehatan mental dalam lagu-lagunya dengan berbagai motivasi. Ada yang ingin sekedar mencurahkan pengalamannya, ada yang ingin menyemangati, ataupun berbagai tujuan baik lainnya.

Pada tulisan kali ini, saya mencoba untuk merekomendasikan beberapa lagu dari band yang membawa narasi isu kesehatan mental pada karyanya. Tanpa perlu berlama lagi, mari kita mulai.

Paramore – Fake Happy

Untuk beberapa orang, lagu yang ada pada album ‘After Laughter’ mungkin akan terdengar asing, karena Paramore terkesan semakin jauh dari roots pop-punk yang sudah lama mereka mainkan. Namun, jika berbicara secara lirikal, kualitas lirik yang dibuat oleh Hayley Williams masih sangat bisa diandalkan dengan lirik yang terdengar jujur dan lugas.

Pada lagu ‘Fake Happy’, Hayley bercerita mengenai ‘topeng’ yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk menyembunyikan perasaan yang sebenarnya. Sebuah hal yang tentunya pernah dilakukan oleh banyak orang, sehingga saya rasa hampir semua yang mendengarkan lagu ini akan merasa relate akan hal tersebut. Namun, hal yang lebih mengejutkan adalah melalui lagu ini ternyata Hayley bercerita mengenai isu kesehatan mental yang dia miliki.

Movements – Full Circle

Bagi orang-orang yang pernah merasakan bagaimana menghadapi isu kesehatan mental pastinya mengetahui bahwa semuanya ada pada sebuah siklus. Mungkin pada suatu waktu kamu akan merasa gelisah dan depresi, lalu kemudian merasa biasa saja, tapi kemudian perasaan tidak mengenakan akan kembali datang dalam waktu yang tidak diduga. Narasi tersebutlah yang ingin diceritakan oleh Movements melalui lagunya, ‘Full Circle’.

Patrick Miranda, sang vokalis, menulis lagu ini berdasarkan pengalamannya menghadapi OCD dan depresi. Pada bagian liriknya, dia seakan menegaskan, bahwa apa yang sedang dialami bukan merupakan perasaan subjektif yang didramatisir, melainkan sebuah kondisi medis yang memang cukup serius.

Bowling For Soup – Turbulance

Banyak orang yang mengenal Bowling For Soup merupakan sebuah band pop-punk yang selalu terlihat fun dan penuh energi. Tapi ternyata, seperti kebanyakan dari kita, mereka juga memiliki sisi mellow yang mungkin memang jarang diperlihatkan kepada orang banyak. Namun, melalui ‘Turbulance’ mereka kemudian memutuskan untuk menceritakan hal tersebut.

Pada ‘Turbulance’, Jarek Reddick, sang frontman, bercerita mengenai pengalaman dirinya terkait isu kesehatan mental, di mana hal tersebut sampai mengganggu aktivitasnya sehari-hari. “Hal tersebut sangatlah buruk, aku sampai tidak bisa menjalankan aktivitas fisik harian,” ujarnya pada Kerrang di tahun 2017. Karena narasi tersebut, para pendengarnya kemudian menobatkan ‘Turbulance’ sebagai anthem dalam membicarakan kesehatan mental.

Bury Tomorrow – Better Below

Pengalaman sempat mengalami isu dengan kesehatan mental, membuat Dani Winter-Bates, vokalis Bury Tomorrow ingin mengajak para pendengarnya untuk lebih aware, juga menormalisasi mengenai pembahasan tentang kesehatan mental. Hal tersebut lah yang menjadi alasan kenapa lagu ‘Better Below’ dibuat.

Pada lagu tersebut, Bury Tomorrow bercerita mengenai bagaimana kita memperlihatkan diri kita yang sebenarnya di hadapan orang secara jujur, tanpa menyembunyikan apapun. Menurut Dani, menyembunyikan gejala yang berkaitan dengan kesehatan mental justru dapat memperburuk keadaan, bukannya sebaliknya. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk dapat memperlihatkan sisi sebenarnya diri kita kepada orang lain.

Setelah menyusun beberapa lagu di daftar ini, saya harap dapat menyebarkan awareness mengenai kesehatan mental kepada kalangan umum dan meyakinkan bahwa isu tersebut bukanlah hal yang tabu. Jika kamu butuh bantuan, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan sebelum semuanya terlambat. Dan bagi kalian yang merasa tidak memiliki isu tersebut, lebih peka lah terhadap sekitarmu, pastikan untuk selalu siap menolong ketika ada yang membutuhkan bantuanmu, friend.

Related Articles

Back to top button