Breh and The Bangsat Angkat Kisah Horror Lokal Melalui Single ‘Sandekala Entführt’

Setelah beberapa tahun lalu merilis sebuah album berjudul ’Pu(nk)jasera’ yang keseluruhan materinya mengabsen berbagai panganan khas nusantara, mulai dari burayot hingga empal gentong. Pada materi terbarunya yang berjudul Sandekala Entführt’, Breh and The Bangsat membawa salah satu folklor horror Indonesia sebagai tema lagunya, yaitu mengenai wewe gombel.

Selain tema lagunya yang unik, menurut saya ada beberapa elemen antik yang coba disuguhkan oleh kuartet punk-rock asal Jatinangor tersebut. Hal unik pertama adalah mereka menggunakan Bahasa Jerman sebagai pilihan bahasa untuk lirik lagunya. Pastinya pas ngedengerinnya, saya nggak ngerti dong, tapi entah kenapa apa yang dilafalkan oleh Breh terasa cocok dengan cerita yang dibawakan pada ‘Sandelaka Entführt’. Hawa-hawa kengeriannya teh dapet weh gitu.

Hal unik lainnya adalah treatment yang Breh and The Bangsat lakukan untuk video klipnya, yaitu dibungkus melalui sebuah cerita dengan treatment film pendek. Nah, ini hal yang bikin saya penasaran sama materi baru mereka, karena pada teaser-nya Breh and The Bangsat ngebocorin beberapa cuplikan sinematik yang caem banget. Kapan lagi coba video klip dari band punk-rock yang dikasih treatment istimewa yang sinematik ala film pendek? Kalau saya sih, baru nemuin kali ini, friend.

Sebuah hal yang sangat saya apresiasi, karena nggak seperti band kebanyakan yang cenderung mengikuti pattern ataupun formula yang telah ada sebelumnya, Breh and The Bangsat berani untuk melakukan eksperimen pada berbagai hal. Pada akhirnya hal tersebut berhasil membuat mereka standout dan unik jika dibandingkan dengan band yang bermain di lingkup yang sama.

Selain melakukan lompatan narasi yang cukup jauh, musik yang dimainkan oleh Breh and The Bangsat kali ini juga terasa sangat berbeda dengan apa yang telah mereka mainkan sebelumnya. Kalau boleh name dropping, pengaruh dari Dead Kennedys terdengar sangat kental, baik dari segi musik ataupun style vokalnya.

Udah deh, nggak akan panjang lebar lagi saya mah, buat kamu yang mau membuktikan semua perkataan saya sebelumnya, langsung aja tonton video klip ‘Sandekala Entführt’ dari Breh and The Bangsat di bawah ini, friend!

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button