BMTH dan YUNGBLUD Akhirnya Lepas Single Kolaborasi Berjudul ‘Obey’

Baru saja beberapa hari yang lalu Bring Me The Horizon (BMTH) dan YUNGBLUD membocorkan beberapa foto mengenai karya kolaborasi mereka. Ternyata, karya tersebut dirilis lebih cepat dari perkiraan saya, pada Rabu (3/9), mereka merilis single kolaborasi yang diberi judul Obey’.

‘Obey’ merupakan single ketiga yang akan menjadi bagian pada seri EP bernama Posthuman yang akan dirilis oleh BMTH. Berbicara mengenai single barunya, Oli Sykes bercerita bahwa lagu ini merupakan sebuah perlawanan terhadap pengekangan yang tidak kita sadari sedang terjadi.

“Kita menganggap diri kita bebas, namun hanya karena rantainya tidak terlihat, dan kita dikendalikan agar kita tidak memikirkan hal tersebut,” jelas Oli Sykes. “Mereka memberi tahu kita bagaimana caranya hidup dengan sebuah senyuman di wajah, seperti keadaan tidak kacau, menginformasikan kepada kita mengenai statistik tragis seperti bukan masalah yang besar… Ini adalah sebuah dunia yang aneh.”

“Mereka mengajari kita untuk saling bertentangan antara satu sama lain dan untuk melawan perbedaan yang dimiliki, daripada merayakannya. Mereka mencoba membuat kita terpecah, karena itu membuat kita lemah,” tambah YUNGBLUD. “Tapi apa yang tidak mereka sadari adalah bagi kita, menjadi berbeda adalah menjadi bebas, dan dunia yang dipenuhi oleh cinta dan kesetaraan adalah dunia yang diinginkan. Kami akan bangkit di tengah kebencian dan penyimpangan yang terjadi. Kami tidak akan patuh (obey).”

Narasi tersebut kemudian dibungkus oleh video klip pertarungan robot ala Ultraman. Tapi, hal yang aneh adalah sama sekali tidak terlihat scene yang berdarah-darah seperti yang mereka lepas pada foto teaser-nya beberapa waktu yang lalu. Saya punya beberapa asumsi mengenai hal tersebut, mungkin apa yang terlihat pada teaser kemarin cuma photo session buat kebutuhan promosi, atau mungkin ada lagu kolaborasi lain yang belum dirilis saat ini. Entahlah.

Secara musik, BMTH masih meneruskan formula yang telah digunakan pada single sebelumnya ‘Parasite Eve’, namun dengan komposisi bebunyian elektronik yang lebih sedikit. Hal tersebut adalah sesuatu yang wajar mengingat masih ada keterlibatan dari Mick Gordon, komposer dari OST game DOOM Eternal.

Daripada bingung, mending sekarang mah nikmati dulu aja suguhan baru kolaborasi antara BMTH dan YUNGBLUD dalam single ‘Obey’ berikut ini, friend!

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button