RICH NEWS

Bisinggama Amalkan Desentralisasi Senyawa di Alkisah

Di tahun 2021, Senyawa memiliki ide eksperimental, yaitu desentralisasi. Mereka melepas unsur kepemilikan/hak cipta terhadap karyanya. Hal yang rasanya cukup mencengangkan dilakukan oleh pemusik/musisi lokal. Di bawah moniker Bisinggama, Daniel Mardhany (Bonga-bonga!, Kala, Abolish, dll.) terinspirasi untuk merekonstruksi delapan buah materi dalam Alkisah yang kini dirilis dalam paketan album Senyawa X bisinggama – (Dekonstruksi) Alkisah.

Secara pribadi, Daniel memang mengaggumi duo eksperimental asal Yogyakarta ini sejak awal karirnya. Kini ia berkesempatan untuk medekonstruksi karyanya dengan tata suara yang lebih beragam. Hampir setiap nomor memiliki gayanya masing-masing. Mulai dari free jazz, psikedelik, hingga shoegaze, tentunya dengan balutan nuansa muram. 

Senyawa X bisinggama – (Dekonstruksi) Alkisah.

Di sisi lain, melalui siaran pers Daniel mengungkapkan kalau konsep yang ditawarkan Senyawa di Alkisah ini memiliki kecocokan dengannya sebagai Bisinggama. “Gue demen sama konsep pergerakan mereka, band dengan visi misi yang sejalan dengan gue sebagai bisinggama,” ungkapnya.

Album ini juga sekaligus menjadi berkah untuk Daniel pribadi yang berhasil berkontribusi dalam perjalanan Senyawa

Bisinggama sendiri merupakan proyek yang secara musik memiliki gaya yang elastis di setiap rilisannya. Walaupun album Volume 6 – Riffetitive And Placebo Fx For Deep Sleep (2018) terdengar gelap dan memiliki unsur shoegaze/noise/experimental/drone. Beberapa single-nya belakangan justru lebih bernuansa alternatif medio ‘90-an atau bahkan electro dengan sifat dancable. Tak heran jika di Senyawa X bisinggama – (Dekonstruksi) Alkisah ini bisinggama menyuguhkan lanskap suara yang liar dan beragam.

Mengenai bentuk fisiknya, Samstrong Records merilisnya dalam bentuk kaset pita yang dicetak terbatasyakni hanya 100 keping. Untuk informasi lebih lanjut mengenai format fisik Senyawa X bisinggama – (Dekonstruksi) Alkisah, kamu bisa langsung hubungi akun Instagram Samstrong Records ya, friend! Get yours now before it gone!

 

 

Back to top button