Band-Band Emo Jakarta Yang Wajib Masuk Radar Pendengaranmu!

Berbicara mengenai scene emo di Indonesia, terutama pada era 2000an rasanya tidak bisa lepas tanpa membicarakan band-band yang berasal dari kota Jakarta dan Bandung. Karena kedua kota tersebut lah yang menghasilkan banyak band­-band emo yang cukup berpengaruh pada era tersebut, atau bahkan sampai saat ini.

Melalui tulisan kali ini, saya mencoba untuk memberikan rekomendasi beberapa band emo asal Jakarta yang harus kamu ketahui! Suka atau nggak itu urusan belakangan, yang jelas cobain dulu dengerin beberapa band ini, siapa tau kamu suka. Hee. Mungkin di tulisan berikutnya saya bakalan ngasih rekomendasi band emo dari kota lain, tapi sebagai permulaan saya mulai dulu dari kota Jakarta yaa. Mari kita mulai~

Seems Like Yesterday

Merupakan salah satu band emo asal Ibu Kota yang berumur cukup panjang. Memulai karirnya sejak tahun 2002 silam, hingga saat ini Seems Like Yesterday masih dalam status aktif. Meski sempat hiatus beberapa saat ketika ditinggal mendiang vokalisnya, Brutz, pada tahun 2015 mereka kemudian kembali aktif dengan merilis album keduanya, ‘The Length Between’ yang dirilis melalui label Sailboat Records.

Album perdana Seems Like Yesterday, ‘Sunrise, Sunset, and Everything in Between…’ menurut saya bisa dikategorikan sebagai salah satu rilisan esensial bagi kamu yang pengen mulai menyelami scene emo lokal. Cobain deh dengerin, saya jamin nggak akan nyesel.

Rekah

Memang secara identitas dan sound, apa yang dimainkan oleh rekah lebih mengacu kepada musik blackgaze ala Deafheaven, tapi juga tetap dibumbui oleh berbagai elemen musik lain seperti post-hardcore, skramz, bahkan math-rock. Sebenarnya mereka sendiri membebaskan para pendengarnya buat mengkategorikan sendiri jenis musik yang mereka mainkan. Jadi usah terlalu dipermasalahin lah~

Anyway, hingga saat ini rekah sudah mengeluarkan sebuah EP berjudul ‘Berbagi Kamar’ yang langsung mendapat perhatian para pendengar dan pemerhati scene musik lokal. Buat kamu yang pengin mendengarkan musik emo dengan kemasan yang cukup berbeda, maka rekah adalah pilihan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam daftar putar kamu.

Eleventwelfth

Berbeda dengan band lainnya pada list ini yang melakukan pendekatan musik emo pada lingkaran musik keras, Eleventwelfth memilih untuk mengombinasikan antara musik indie-rock dan pop-punk dengan permainan gitar yang terdengar twinkly sebagai identitas bermusiknya. Sebuah hal yang banyak dilakukan oleh band-band yang mulai muncul di era emo revival.

Kalau ada yang bertanya mengenai rekomendasi band lokal yang membawa nuansa midwest emo pada lelagunya, maka nama Eleventwelfth saya jamin jadi nama pertama yang dipikirkan oleh banyak orang. Keseluruhan discography-nya siap membawamu ke nuansa melankolis nan sentimental dengan berbagai narasi personal yang terkandung di dalam lelagunya.

Sunrise

Terbentuk sejak tahun 2012 silam, Sunrise siap membawamu ke nuansa nostaljik emo MTV ala Saosin, Sleeping With Sirens, atau Funeral For A Friend. Kenapa saya bilang seperti itu? Karena mereka menggunakan formula yang memang banyak digunakan pada band-band emo pada era tersebut, kombinasi antara clean dan unclean vocal, breakdown, dan raungan gitar berdistorsi yang siap bikin kamu pengin moshing sambil teriak-teriak.

Meskipun mengalami banyak bongkar pasang personil hingga akhirnya hanya memiliki dua personil tetap saja, Sunrise masih tetap eksis hingga saat ini. Bahkan beberapa waktu lalu mereka baru saja mengeluarkan single terbarunya dengan judul ‘Save Her’.

Jujur aja sih, saya penasaran banget sama penampilan mereka secara langsung. Tapi karena pandemi rasanya hal tersebut cukup susah buat diwujudkan. Eits, jangan berkecil hati dulu, kamu masih bisa lihat penampilan dari Sunrise di program ‘Rich Gigs’ episode 01 yang akan disiarkan malam ini, pukul 20:00!

Bukan cuma Sunrise, kamu juga bisa nonton penampilan dari Last! Goal, Knuckle Bones, dan juga Scream In Bubble. Kalau kamu udah kangen banget nonton gigs, maka Rich Gigs harus banget kamu tonton, friend. Gratis! Bookmark dulu aja link-nya dari sekarang dan jangan lupa pasang reminder biar nggak kelewatan.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button