Asphoria, Band yang Peka Terhadap Isu Lingkungan dan Sosial

Sepengetahuan saya, isu mengenai lingkungan, biasanya lebih banyak dibahas oleh para aktivis ataupun organisasi peduli lingkungan melalui berbagai forum diskusi terbuka, seminar, ataupun video documentary, sangat jarang ada band yang memilih topik tersebut sebagai narasi utama yang dibawakan pada musiknya. Jika kebanyakan band biasanya bercerita mengenai kehidupan personal atau orang terdekatnya, politik, percintaan, keadaan sosial, ataupun hal-hal mengenai konspirasi dan turunannya. Nah, tapi beda halnya dengan Asphoria, band asal Bogor yang membawakan narasi lingkungan, alam, dan sosial untuk dijadikan inspirasi dalam membuat lagu. Keren banget kan, friend?

Band yang sudah terbentuk dari tahun 2009 itu membawakan musik post-rock/ambient dengan mengambil inspirasi dari band-band seperti Coldplay, Explosions in the Sky, Radiohead, dan The Milo. Dari deskripsi tersebut, harusnya udah kebayang lah kira-kira lagu mereka itu kayak gimana. Suara gitar mengawang dengan bumbu crescendo, denting piano, dan vokal yang menggunakan Teknik falsetto menjadi sajian utama pada lagu-lagu Asphoria, tapi nggak jarang juga komposisi dibuat seminimal mungkin dengan hanya menggunakan gitar akustik sebagai pengiringnya.

Hingga saat ini, dilihat melalui discography pada laman bandcamp Asphoria, mereka sudah mengeluarkan 4 buah EP dan 2 buah full-album. Saya begitu liat discography-nya yang sebanyak itu nggak terlalu kaget sih, cukup wajar buat band yang sudah berumur 11 tahun.

 

via spotify.

Trio ini sempat menghilang dari sosial media setelah merilis video klip terbarunya, ‘Family & Friends’ pada tahun 2018 silam. Namun, pada bulan Mei 2020 kemarin, dengan merilis sebuah lirik video untuk lagunya, ‘Earth is All We Have in Common’ dalam menyambut World Environment Day yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Sesuai dengan judulnya, lagu tersebut bercerita tentang kelestarian lingkungan.

Saya nggak tahu sih, apakah background para personilnya memang bergerak pada bidang lingkungan atau gimana, sehingga menyebabkan lagu-lagu mereka membahas hal tersebut. Tapi yang jelas, lagu-lagu mereka sedikit banyak bisa membuat kita sadar mengenai keadaan lingkungan saat ini. Tapi, yang jelas mereka memang pernah berkontribusi terhadap gerakan peduli lingkungan. Lagu mereka, ‘Funeral for a Turquoise’, merupakan bentuk dukungan Asphoria terhadap kegiatan Earth Hour. Sedangkan lagu lainnya, seperti ‘Living in a World of Atrocity’, ‘Eschatology’, dan ‘Dialek Ruang Hampa’ terpilih sebagai lagu pendukung kegiatan Oxfam Trailwalker 2012 di Jerman. Wah, ternyata karyanya udah diakui oleh dunia juga nih, friend!

Jika ditanya dari keseluruhan discography, lagu manakah yang jadi favorit saya, tidak ragu saya akan menjawab ‘Eschatology’ dari album kedua mereka yang berjudul sama. Lagu yang bercerita mengenai tragedi 9/11 beberapa tahun silam tersebut terdengar sangat dinamis. Dibuka oleh sebuah sandi morse yang diiringi oleh gitar akustik, tensi pada lagu tersebut kemudian terus naik berlanjut dengan aransemen full-band, dan akhirnya berakhir dengan crescendo panjang ala band-band post-rock yang menutup lagu pada klimaksnya.

via hujanrecords.com

Lagu-lagu lainnya pun menggunakan formula yang hampir mirip, dengan aransemen dasar yang bertumpu pada musik ala post-rock bertempo sedang yang digabungkan dengan bebunyian synthesizer, dan sample audio.

Menemukan Asphoria, rasanya cukup jadi penyegar di tengah banyaknya band-band yang membawakan tema-tema umum yang sudah sangat banyak dibahas. Melalui lagunya, selain kita bisa menikmati sebagai hiburan, secara nggak langsung juga kita dapat belajar mengenai keadaan lingkungan ataupun sosial di dunia saat ini. Siapa tahu, setelah dengar lagunya, kita juga malah terketuk hatinya buat lebih peduli lagi dengan keadaan di sekitar kita, friend!

Setelah melakukan comeback pada Mei lalu, menarik rasanya menyimak materi terbaru dari Asphoria.

Buat kamu yang karyanya mau diulas juga oleh tim Rich Music, jangan lupa kirimkan profile kamu melalui tautan ini yaa! Ditunggu lho~

Instagram: @asphoria

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button