Anamnese Sebentar Lagi Akan Segera Luncurkan EP Berbahasa Prancis

Setelah berhasil menginvasi scene emo Indonesia melalui LKTDOV dan Bufcxter, kini Yogyakarta kembali menghadirkan amunisi baru untuk kembali meramaikan scene emo. Mereka adalah Anamnese, sebuah unik post-hardcore/skramz yang baru, tapi nggak baru-baru amat. Maksudnya gimana, tuh? Jadi, walaupun secara kolektif band baru terbentuk, para personilnya merupakan “muka lama” yang sudah berkarir di perkancahan sejak lama. Anamnese merupakan leburan antara sebagian personil LKTDOV dan sebagian personil Bufcxter. Jadi semacam kolaborasi dari 2 generasi yang berbeda gitu. Mantep.

Tapi, nggak kayak band skramz yang baru muncul belakangan yang masih kurang mengeksplorasi karakter yang ingin ditampilkan. Anamnese hadir dengan musik yang terinspirasi oleh band-band post-hardcore dan skramz asal Eropa dengan ketukan drum mid tempo yang dipadu dengan bebunyian bising dari gitar berefek reverb dan delay. Mungkin kalau itu mah masih terdengar biasa, yang uniknya adalah mereka menggunakan Bahasa Prancis pada keseluruhan liriknya. Antik sekali, suka ada-ada aja yaa musisi Yogyakarta mah, kepikiran terus apa-apa teh.

“Awalnya karena aku seneng banget sama band-band Prancis kayak Daitro, Mihai Edrisch, bahkan rilisan penuh band skramz pertama yang aku beli itu kasetnya Finger Print s/t (band Prancis era 90an). Sempat juga tur ke pedalaman Prancis bareng proyek musikku yang lain, yang makin bikin kepengen bikin band baru berbahasa Prancis,” ujar Indra Menus, sang vokalis, mengenai alasan kenapa akhirnya Anamnese memilih menggunakan Bahasa Prancis.

Rasanya Indra Menus ini memang hobi banget mengeksplorasi bahasa asing, mengingat dia juga memiliki band hardcore punk yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai identitasnya, yaitu narcholocos.

Dalam waktu dekat, band yang namanya terinspirasi dari album Melancholic Bitch tersebut akan mengeluarkan sebuah EP yang akan dirilis oleh 3 label sekaligus, yaitu Otakotor Records dan Relamati Records asal Indonesia, dan Utarid Tapes asal Malaysia. Rilisan tersebut baru bisa didapatkan pada 17 Oktober mendatang, bertepatan dengan perayaan Cassette Store Day.

Meskipun belum dirilis secara fisik, tenang aja, kamu udah bisa menikmati salah satu track dari Anamnese melalui laman Bandcamp mereka di bawah ini, friend!

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button