Album Kompilasi ‘We Do It Together’, Tanda Perlawanan Para Musisi Wanita di Korea Selatan Terhadap Seksisme

Jika berbicara mengenai Korea Selatan, sudah dapat dipastikan banyak orang akan langsung mengingat K-Pop ataupun K-Drama. Tapi, sebenarnya scene musik bawah tanah di sana juga tumbuh subur loh, friend! Walaupun begitu, tentu seperti scene musik di manapun, tidak lepas dari masalah.Masalah yang saya maksud yang terjadi di Korea Selatan adalah adanya semacam objektifikasi yang diterima oleh wanita, atau bisa dibilang isu seksisme di sana cukup tumbuh subur.

Tentunya saya nggak ngomong hal seserius itu sembarangan, friend. Saya mengetahui hal tersebut berdasarkan interview yang dilakukan oleh Unite Asia dengan dua personil dari band punk-rock asal Korea Selatan, Billy Carter. Melalui percakapan tersebut, mereka mengungkapkan betapa sulitnya menjadi musisi punk-rock di sana, terlebih sebagai seorang wanita. Selain itu, mereka juga mengungkapkan sebuah informasi menarik, yaitu dalam beberapa waktu ke depan, bersama musisi lainnya, mereka akan merilis sebuah album kompilasi berjudul We Do It Together.

Album tersebut akan berisi 11 band wanita yang memainkan berbagai genre, mulai dari rock hingga punk-rock. Jujur aja, dari sekian banyak pengisinya, saya hanya mengenal satu nama, yaitu Drinking Boys and Girls Choir yang beberapa tahun lalu sempat melakukan tur di Indonesia.

“Album ini diinisiasi oleh Minjung, vokalis dari Ego Function Error dan Mingyu Kim, pemilik dari label Electric Muse,” ungkapnya melalui siaran pers. “Tujuan utama dari Minjung selama 2 tahun terakhir adalah untuk mengumpulkan musik untuk membuat sebuah kompilasi berisi musisi wanita untuk membagikan cerita mereka dan mempromosikan isu mengenai seksisme yang terjadi di komunitas.”

Wah, menarik banget nih. Selain bisa dapat info terkini soal isu yang ada di scene musik bawah tanah di Korea Selatan, kita juga bisa dapat banyak referensi musik baru. Kompilasi tersebut rencananya akan dirilis pada 26 November mendatang.

Nah, Buat kamu yang ingin memantau atau bahkan berdonasi untuk movement tersebut, langsung aja berkunjung ke tautan ini, friend!

Related Articles

Back to top button