Akuilah, Beberapa Lagu-Lagu JKT48 Adalah Pop Punk Masterpiece

Friend, pernah baca nggak satu artikel di Vice yang ngebahas tentang seorang vokalis band punk yang ternyata mengakui dirinya sebagai fans JKT48 nggak? Artikel itu kayak ngebuka sisi lain dari fandom JKT48 yang didominasi oleh wibu. Sebenernya sih, saya juga sempet terjun (alias nge-fans) ke dunia fandom 48 Group. Dan beneran kok, fans-fans di dalamnya memang ada beberapa orang yang merupakan sosok pemain atau pelaku kancah dari berbagai genre musik cutting edge, termasuk punk. Gokil ya JKT48, bisa meluluhkan kuping berbagai orang dengan latar belakang musikal yang berbeda. Keren.

Foto: Dentsu Entertainment

Mungkin sudah terlalu banyak juga yang membahas kenapa orang-orang yang berlatar belakang unik seperti musisi bisa menyukai JKT48. Dan biasanya aspek yang sering dikemukakan adalah tentang kemasan JKT48 secara grup dan konsep “idola yang bisa ditemui” yang menarik hati para pelaku musik ini untuk masuk ke fandom Idol Group bentukan Jepang tersebut. Tapi saya rasa, belum pernah ada bahasan tentang nuansa musik mereka yang sebenarnya sangat cutting edge dan sepengamatan saya, ada beberapa lagu yang sangat bernuansa pop punk.

Lagu-lagu JKT48 sejauh ini memang hampir seluruhnya merupakan cover dari lagu-lagu sister group mereka yang berasal dari Jepang, seperti AKB48, SKE48, dan NMB48. Tentunya karena lagu-lagu tersebut dipopulerkan pertama kali oleh unit Jepangnya, cita rasa dan nuansa lagunya pun sangat Jepang sekali. Kamu pernah nyadar nggak, kalau lagu-lagu populer Jepang itu sering banget terasa nuansa catchy dan punya progresi akor ala lagu-lagu pop punk favoritmu? Contohnya kayak lagu-lagu opening anime favoritmu deh. Pasti rata-rata lagunya tuh punya struktur dan kunci gitar yang pop punk banget. Padahal genrenya nggak selalu punk. Nah Jepang tuh punya keuntungan itu, friend. Sensibilitas musik pop orang-orang di industri musik di sana memang kentel banget. Dan mereka memang menyadari bahwa di beberapa lagu punk, ada beberapa sensibilitas pop yang bisa diimplementasikan.

Mari kita coba dengarkan lagu JKT48 yang satu ini, Bel Sekolah Adalah Love Song.

Mulai dari intro sampai paruh akhir lagunya, lagu ini ngebut banget temponya. Plus chord-chord yang dipakai udah mirip banget kayak kunci-kunci gitar di lagu-lagu Hi-Standard atau Ken Yokoyama. Gila ‘kan? Nah konsep lagu pop yang nge-punk kayak gini tuh udah lumrah banget dipake sama banyak artis di Jepang sana. Tapi pas dibawa ke Indonesia dengan menggunakan moda JKT48, hal ini jadi unik banget. Konsep sebuah grup pop yang beranggotakan perempuan yang memainkan musik pop yang terasa punkish ini jadi penyegaran tersendiri di kancah musik lokal. Soalnya rata-rata kebanyakan unit pop perempuan (atau girlband) di Indonesia masih jatuh ke lubang lagu-lagu pop cengeng nan penuh balada yang kalau didengerin malah bikin mual. Nah ketika JKT48 muncul dengan nuansa musik pop yang upbeat dan in a sense, nge-punk banget, itu jadi hal yang manis sekaligus tetap enak didengerin oleh berbagai macam pendengar musik. Mau yang normies maupun yang mempunyai interest terhadap musik-musik sidestream.

Coba kita dengerin satu lagu lagi dari JKT48 yang pop punk banget, judulnya Hanya Lihat Ke Depan.

Jujur deh, kalau seandainya kamu pertama kalinya ngedenger lagu ini tanpa tahu siapa artisnya, bakalan nyangka nggak ini lagu dari sebuah unit menari dan bernyanyi yang beranggotakan perempuan? Intronya aja udah half-string ala lagu-lagu punk. Belum lagi ada sahutan gang vocal “hey!” ala old-school punk. Secara komposisi pun, lagu ini ngebut juga kayak “Bel Sekolah Adalah Love Song”. See? It’s total pop punk after all! Tapi lebih manis dan kawaii.

Sebenernya emang nggak adil sih kalau mau ngebandingin sama lagu dari banyak band-band pop punk lokal, tapi JKT48 emang punya privilege penulisan lagu yang super catchy dan pop punk ala Jepang. Dan lagu-lagu JKT48 terasa lebih menyegarkan daripada kebanyakan band-band lokal yang kerap mengulang kembali formula penulisan lagu pop punk yang selalu begitu saja. Ini sih cuma opini gembel saya aja ya, don’t take it for granted, friend. Tapi asli deh, saya rekomendasiin banget buat dengerin beberapa lagu JKT48, mau itu untuk sekedar hiburan atau dalam rangka mencari referensi. Biasanya, inspirasi musik atau apa pun itu bisa muncul dari hal yang nggak diduga. Ya contohnya JKT48 ini, they sure have some great pop punk songs. Fight me.

Related Articles

Back to top button