Aillis Suguhkan Nuansa yang Lebih Agresif Melalui ‘Throatless’

Aillis langsung mendapatkan perhatian sejak perilisan EP perdananya, ‘Believe 114’ yang hadir dengan nafas yang cukup berbeda baik dari segi musik ataupun narasi. Secara musik, mereka menggabungkan antara bebunyian twinkle ala band-band midwest-emo dan juga agresivitas dari skramz. Nggak heran kalau akhirnya mereka mengaku mengambil referensi dari Tiny Moving Parts dan Suis La Lune. Jika kebanyakan band post-hardcore membawakan narasi kesedihan ataupun perasaan personal lainnya, kuartet tersebut memilih untuk membawakan narasi mengenai ketuhanan. Menarik banget kan, friend?

Setelah terakhir merilis single ‘Suarakala’ pada tahun 2019 silam dengan mengajak Aditya (ex-vokalis Senja Dalam Prosa), di penghujung tahun 2020 ini, Aillis kembali dengan merilis Throatless. Sebuah single pengantar untuk album terbarunya yang akan dirilis dalam waktu dekat ini.

Secara sound, apa yang disuguhkan pada single tersebut, sudah jauh berbeda jika dibandingkan dengan awal kemunculan mereka. ‘Throatless’ terdengar sangat raw dan penuh energi. Porsi bebunyian twinkle yang pada single sebelumnya masih cukup banyak terdengar, kini sudah tidak terlalu mendominasi. Terasa mereka bereksplorasi pada karakter musik yang mereka bawakan dengan mencoba untuk memasukan unsur post-rock dan skramz yang lebih kental dibanding sebelumnya. Sebuah perubahan yang jujur membuat saya sedikit kaget, tapi tentu dalam hal baik.

Perubahan musik yang kini berada pada teritori yang lebih agresif nan angsty juga turut didukung oleh narasi yang ingin disampaikan melalui ‘Throatless’. Melalui siaran pers, Aillis bercerita bahwa single terbarunya ini menggambarkan sebuah keadaan di mana terpenjaranya seseorang atas kepentingan suatu kelompok, dan tidak ada yang dapat menolongnya kecuali dirinya sendiri. Poek alias dark banget liriknya, friend.

Buat kamu yang udah penasaran dan ingin membuktikan semua perkataan saya barusan, nggak usah banyak lama lagi, langsung aja nikmati suguhan terbaru dari Aillis setelah hampir 1 tahun puasa merilis sesuatu. Single terbaru dari Aillis, ‘Throatless’.

Related Articles

Back to top button