7 Lagu Pop/Melodic Punk Lokal Favorit Petir Rejected Kids

Mungkin beberapa orang yang baru menginjak umur 30an menganggap kalau bermain musik itu hanyalah buang-buang waktu saja. Apalagi kalau memainkan musik yang segmented semacam punk rock atau pop punk, ah sudah pasti dilirik sebelah mata dan dianggap nggak bakalan sukses karena musik yang dimainkan nggak enak didengar untuk semua umur katanya. Tapi masih ada juga lho orang yang udah masuk umur bapak-bapak muda tapi tetep loyal nge-band dan kisaran pendengaran musiknya masih kuat buat dengerin yang ngebut-ngebut. Ehhh, ini mah asli bukan maksud nyinyir ke yang ngerasa udah ‘tua’ dan nggak kuat dengerin musik brangbrengbrong lagi ya. Saya cuma kagum sama sosok yang dibahas kali ini, karena walau pun tulang punggungnya udah keras umur dia nggak belia lagi, semangatnya tetep membara. Forever young, cuy!

Sosok yang saya bicarakan adalah Tirta Putra atau yang lebih dikenal sebagai Petir.

Foto: Bimo

Akhir-akhir ini, Petir lebih sering dikenal sebagai sosok yang sering muncul di panggung-panggung musik ibu kota dengan berbagai macam jenis genre band yang kini ia gawangi. Mungkin weekend lalu kamu nonton dia main bass di unit emo/twinkle favorit masa kini, eleventwelfth. Bisa saja weekend ini kamu menonton dia bermain gitar ugal-ugalan bersama band punk rock terbarunya, Hong!. Tapi mungkin kalau kamu penggemar musik melodic/pop punk, mungkin kamu bakalan lebih kenal dia sebagai punggawa band skate punk/melodic punk Rejected Kids yang lagu Hancurkan Emosinya seringkali lalu lalang mengisi soundtrack masa SMA kamu lewat file MP3 yang sudah dikompres bitrate-nya biar masuk N-Gage. Dipikir-pikir, saya juga tua dong kalau ngalamin masa itu. Hiks~

Melihat Petir yang tetep lancar main band dan bisa tetep bagi waktu buat keluarga plus kerjaannya sehari-hari, kita jadi penasaran secinta apa Petir terhadap melodic/pop punk & memintanya untuk membagikan lagu-lagu favorit melodic punk/punk rock lokalnya yang tetap bikin dia semangat buat tetep lanjut bermusik di fase midlife-nya. Langsung saja kita lihat daftar yang dibikin Petir spesial untuk Rich Music!

1. Fastcrash – Sick of being useless

“Lagu ini adalah andalan saya sepanjang masa. Di tengah-tengah banyaknya band-band baru bermunculan dan terdengar lebih mantap, tapi nggak tahu kenapa tembang kenangan milik Fastcrash ini tetap melekat di pikiran saya. Mungkin karena tema lagu ini sesuai dengan saya yang sedang mengalami masalah susah tidur.”

2. Dirty Ass – Salbutamol 2mg

“Saya punya kebiasaan ketika setiap membeli CD sebuah band, saya pasti memutar lagu paling terakhir dulu. Itulah sebabnya kenapa saya bisa suka sama lagu ini. Selain itu, topik lagunya pun kacrut sih. Ngebahas sebuah penyakit turunan yang katanya nggak akan bisa sembuh sampai si pengidapnya mati. Ya tentunya, selain topik yang nyeleneh, aransamen trio punk dari Tangerang Selatan ini apik banget.”

3. Saturday Night Karaoke – 90s Revival 101: How To Elaborate A Brokenheart With A Bigmuff

“Nggak perlu diragukan lagi lah perihal urusan ‘catchy’ dari lagu-lagunya Saturday Night Karaoke. Ini salah satu lagu favorit saya dari mereka. Lirik lagunya ngehe banget. Semacam kegundahaan si penulis lagu ini tentang mau sampai kapan dia jomblo karena main musik pop punk dengan lirik yang super stupid. Gila. Lagunya singkat dan tidak bertele-tele. Dengan durasi yang kurang dari semenit, lagu ini sudah bisa membuat kalian guling-guling di moshpit.”

4. Sumar – Ghost

“Lagu dari unit punk rock dari Palembang ini berhasil membuat saya berpikir ternyata masih ada band melodic punk muda yang OK. Racikan komposisi musiknya sangat pas.”

5. Failing Forward – Piece of Liberty

“Sebuah band bisa disebut bagus kalau pemain drummernya handal juga. Itu alasan lagu ini jadi favorit saya. Karena ada bagian solo drumnya yang keren banget. Coba deh, dengerin dari awal lagunya, langsung bikin perasaan menggebu buat mengepalkan tangan ke atas sambil ikut singalong bersama si vokalis.”

6. Cubfires – Pace

“Lagu ini waktu pertama kali didengerin langsung klop. Walau pun waktu itu belum tahu liriknya. Soalnya setelah dikulik-kulik, Cubfires emang jago banget bikin lirik. Puitis. Melodi vokal dan isian-isian gitarnya enak banget.”

7. Kuro! – Fearless Soul

“Sebenarnya banyak band punk rock/melodic era 90an akhir yang sangat berpengaruh untuk saya dalam bermain musik. Seperti Speak Up, Konflik, No Label, dan masih banyak lagi. Tapi kali ini saya memilih Kuro! Sebagai andalan. Dulu setiap nonton band ini, lagu ini pasti jadi pembuka dan penonton langsung berhamburan. Coba aja dengerin sendiri. Enak banget!”

Terima kasih untuk Petir yang rela waktu mengasuh anaknya kita curi sebentar untuk diminta membuat daftar putar ini. Dengarkan Rejected Kids disini: https://rejectedkids.bandcamp.com/album/home
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button