5 Lagu Emo 2000-an Yang Liriknya Paling Pedih Pilihan Redaksi

Kalau lagi galau akan percintaan, biasanya bawaannya tuh pengen dengerin lagu-lagu sedih nggak sih, friend? Jujur deh, pasti kamu juga pernah mengalami fase seperti itu. Diputeeeer terus lagunya sampai bosen dan berhenti sedihnya.

Nah, kami di Rich Music sangat mengerti akan perasaan tersebut. Memang seringkali musik sangat dibutuhkan untuk meluapkan emosi yang terpendam supaya hati lebih lega dan perasaan sesak di dada itu lambat laun menghilang #Cieee. Dan menurut kami, salah satu genre musik yang sangat cocok untuk didengarkan di kondisi seperti itu yaitu emo. Lho kok emo? Tambah galau dong? Nggak donggg. Justru komposisi musik emo yang cenderung penuh distorsi dan gahar lebih enak untuk dinyanyikan sambil teriak-teriak kesel sama kondisi percintaanmu.

Oleh karena itu, kami mau merekomendasikan lima lagu emo 2000an yang liriknya paling pedih dan masih relevan buat kamu dengerin di masa sekarang. Kenapa harus 2000an? Ya, karena lagu-lagu emo di masa itu memang terbukti secara kualitas dan secara lirik, masih relatable banget setelah kurang lebih 20 tahun sejak kemunculannya. Oke, tanpa basa-basi lagi, ini dia lagu-lagunya:

 Silverstein – Giving Up

Dari lirik pembuka, lagu ini sudah emo banget suasananya,  “I used to make the light shine for you, the sun has left my sky.” Belum lagi bagian bridgeHow can I say I love you back, you never made me happy,” luluh lantah semua perasaan kesal yang dirasakan tentang seseorang yang sudah berkorban demi sosok yang ia cintai tapi perasaannya tidak digubris sama sekali. Pedih, friend!

Funeral For A Friend – Juneau

Sebagai penerima penghargaan Kerrang! Award untuk nominasi band pendatang baru terbaik di Inggris pada tahun 2003 silam, Funeral For A Friend memang memiliki pesona tersendiri sebagai band emo yang masa itu didominasi dari Amerika Serikat. Selain komposisi lagunya yang lebih technical, penulisan lirik di lagu-lagu mereka terasa lebih puitis daripada terkesan sedih yang membabi buta. Nggak percaya? Coba simak secara seksama lagu ini dan siap-siap merasa galau di bagian “and I’m nothing more than a line in your book.”

The Used – Blue And Yellow

Ah, salah satu lagu klasik dari era keemasan emo di tahun 2000an. Cukup beralasan kenapa lagu ini menjadi salah satu lagu favorit para generasi emo di era tersebut, lirik yang mendalam plus tone lagu yang ngawang menjadi perpaduan yang sempurna untuk menemanimu tidur yang lelah menghadapi masalah romansa seharian. “Should’ve done something, but I’ve done it enough. By the way your hands were shaking. Rather waste some time with you,” galau to the max nggak tuh! Oh iya, vokal Bert McCracken yang terasa sangat hampa dan sedih di lagu ini juga jadi aspek yang bikin lagu ini tetep cocok buat didengerin hari ini. Emo at its finest.

Red Jumpsuit Apparatus – Your Guardian Angel

Mungkin banyak lagu emo yang bertema sama dengan lagu hits dari band asal Florida, Amerika Serikat ini, tapi esensi pengorbanan dari narasi lirik dari lagu ini memiliki daya magis tersendiri bagi para pendengarnya. “I will never let you fall, I’ll stand up with you forever. I’ll be there for you through it all, even if saving you sends me to heaven,” sangat menggambarkan sudut pandang yang sangat emo ketika seseorang akan rela berkorban walau nyawa jadi taruhannya. Ouch.

Thursday – Understanding (In A Car Crash)

Banyak band emo di era 2000an bahkan masa ini yang mencantumkan Thursday sebagai salah satu pengaruh bermusiknya. Hal itu jelas sangat masuk akal karena Thursday merupakan salah satu pionin emo gelombang kedua yang mulai merebak di tahun 2000an. Selain itu, Thursday memiliki narasi lirik yang unik dibanding band-band emo lainnya di masa itu. Contohnya lewat lagu ini, narasi tentang kekhawatiran akan perasaan yang tak akan tersampaikan ketika sang subyek lagu dihadapkan dengan kondisi di ambang maut. “I don’t want to feel this way forever. A dead letter marked return to sender.” Pedih yang tak bisa dihindari karena hal yang dihadapi jauh lebih mengerikan daripada putus cinta.

Gimana ada salah satu lagu di atas yang favoritmu juga? Perlu diingat ya, lagu-lagu ini semua berdasarkan selera dari tim redaksi. Kalau ada lagu yang menurutmu nggak masuk di daftar ini, kasih tahu kami ya!

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button