5 Band Ini Bakalan Bikin Kamu Pengen Belajar Gitar Lebih Rajin Lagi!

Gitar merupakan salah satu instrumen standar yang banyak digunakan orang untuk berkarya dalam format band. Hal tersebut tentunya membuat banyak orang menguasai instrumen tersebut. Bagi para gitaris yang ingin lebih stand out dibandingkan pemain gitar lainnya, mereka tentunya harus memiliki effort yang lebih besar agar memiliki ciri khas. Namun, saya tahu, hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Mengingat yaa namanya belajar mah, ada aja waktu malesnya. Saya juga begitu.

Melalui tulisan ini, saya bakalan mencoba memotivasi kalian untuk semakin rajin belajar gitar. Bukan, caranya bukan ngasih tutorial. Tapi, saya akan memberi beberapa rekomendasi band yang memainkan musik dengan aransemen gitar yang cukup njelimet. Karena keterbatasan, tentunya saya nggak akan memasukkan semua band yang punya gitaris ciamik yaa. Cukup 5 band aja.

Saya harap setelah melihat dan mendengar aransemen dari kelima band ini, kalian jadi semakin termotivasi yaa untuk belajar gitar lebih jauh lagi. Yaa, syukur-syukur kalau kalian bisa “nyuri” beberapa teknik dari para gitaris dari band tersebut, terus dikombinasikan agar menjadi karakter khas milik kalian sendiri.

Nggak perlu banyak lama lagi, berikut adalah 5 band yang bikin kamu pengen belajar gitar lebih rajin lagi dari sebelumnya!

The Fall of Troy

via independent.co.uk

Pada pertengahan tahun 2000an silam, salah satu lagu dari The Fall of Troy, yaitu ‘F.C.P.R.E.M.I.X.’ sangat sering diputarkan pada MTV yang merupakan salah satu referensi musik saya ketika masih kecil. Pada saat mendengar pertama kali, jujur saya tidak terlalu menyukainya karena terdengar cukup njelimet untuk telinga saya pada saat itu. Tapi, karena video klip tersebut cukup sering diputarkan, pada akhirnya saya menyukai lagu tersebut.

Saya yakin, saya bukanlah orang pertama yang merasa seperti itu. Permainan gitar yang teknikal dari Thomas Erak yang dipadukan dengan ketukan drum yang terkadang berubah time signature-nya langung membuat saya kagum. Rasanya bisa memainkan beberapa part lagu ini pada saat itu menjadi kebanggaan tersendiri.

This Town Needs Gun (TTNG)

via sargenthouse.com

Ketika mencari band yang memiliki irisan musik antara math-rock dan emo, saya yakin akan sangat banyak orang yang merekomendasikan TTNG. Walaupun bermain cukup teknikal, mereka tetap dapat memberikan nafas emo melalui sang vokalis dengan karakter vokal mendayu. Sebuah hal yang menjadi ciri khas TTNG jika dibandingkan dengan band lainnya.

Bahkan, album pertama mereka, ‘Animals’ disebut-sebut sebagai salah satu album esensial bagi kalian yang baru saja berkenalan dengan musik math-rock. Permainan gitar yang seakan terus mengalir tanpa henti dengan struktur yang cukup rumit sangat bisa menjadi pemicu bagi kalian untuk belajar gitar lebih semangat lagi.

JYOCHO

via last.fm

Merupakan sebuah proyek musik math-rock dari Daijiro Nakagawa yang sebelumnya lebih dikenal sebagai gitaris dari Uchu Conbini. Jika band lain yang terdapat pada list ini memainkan musik yang cukup keras dan juga enerjik, lain halnya dengan JYOCHO, mereka lebih memainkan musik yang walaupun strukturnya terasa sangat kompleks, namun tetap dapat terdengar secara harmonis.

Permainan gitar dari Daijiro yang terbilang unik merupakan nyawa yang menghidupkan musik-musik dari JYOCHO. Hal tersebut kemudian dikombinasikan dengan komposisi bass, drum, flute dan vokal yang membuat musiknya terdengar manis. Sangat cocok untuk menjadi soundtrack dari anime. Bagi kalian yang ingin mencoba mempelajari teknik gitar yang nyeleneh namun unik, maka permainan dari Daijiro bisa banget buat kalian pelajari, friend!

Tiny Moving Parts

via bandcamp.com

Bagi kalian yang cukup mengikuti perkembangan dari scene emo pada tahun 2010an, pastinya sudah tidak asing dengan nama Tiny Moving Parts. Sebuah band yang merupakan proyek musik keluarga asal Minnesota. Walaupun berformat sebagai sebuah trio, mereka tetap dapat membuat sebuah aransemen musik yang terdengar penuh dan juga menarik.

Salah satu highlight yang dapat dipelajari dari penampilan Tiny Moving Parts adalah bagaimana Dylan (Vokal/Gitar) dapat bergerak secara lincah sambil tetap memainkan riff-riff gitar yang bisa dibilang njelimet banget. Entah bagaimana caranya, dia dapat melakukannya secara flawless pada setiap lagunya. Kalau nggak percaya, coba deh tanya teman kalian yang sempat menonton penampilan Tiny Moving Parts ketika berkunjung ke Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Animal As Leaders

via wikimedia.org

Jika berbicara band yang cukup teknikal dan bermain di area musik agresif, maka nama Animal As Leaders akan langsung teringat. Dibentuk sejak 2007 lalu oleh Tosin Abasi (Gitar), karya-karya dari Animal As Leaders langsung mendapatkan perhatian khusus dari para penikmat musik karena berhasil menggabungkan antara influens dari musik jazz, metalcore, dan beberapa genre lainnya yang bermain secara teknikal.

Format Animal As Leaders juga terbilang cukup unik, yaitu dengan 2 orang gitaris yang memainkan gitar 8 senar, serta seorang drummer. Dari setup-nya aja udah terbilang cukup unik, musik yang dibawakannya pun sama uniknya dengan bermain di ranah progressive-metal. Ketika manggung, memang gestur dari pemain gitarnya terlihat sangat kalem, tapi setelah kalian melihat pada bagian fret gitar, pikiran kalian tersebut akan langsung berubah dan otomatis bengong melihat kelihaian jari di atas fret dari kedua gitaris tersebut.

Nah, itu dia friend, 5 band yang bikin kamu semakin termotivasi untuk belajar gitar lebih jauh lagi. Ngeri-ngeri yaa, friend? Walaupun mungkin membutuhkan effort yang sangat besar untuk mengejar skill gitaris dari kelima band tersebut, ambil positifnya aja. Jadikan motivasi agar semakin giat belajar. Kan kalau udah jago mah, enak mau pamer ke gebetan juga. Hehehe.

Related Articles

Back to top button