5 Aksi Absurd Sekaligus Kriminal dari Para Pelaku Black Metal

Pada tulisan kali ini, mari kita sedikit melihat ke sisi yang lebih gelap dari musik metal, yaitu black metal. Sub-genre yang begitu kental dengan aroma kekerasan, kriminal, darah, hingga berbagai ritual yang mereka lakukan di atas panggung, yang bisa dibilang cukup jauh dari kata waras. Lahir di daratan Skandinavia, Eropa Utara, mereka sukses menebarkan paranoia dari masa ke masa lewat aksi-aksi “suci” bagi mereka sendiri.

Black metal lahir dari para penganut paganism dan mitologi nordik dengan berbagai penolakan budaya dan agama pada masanya, karena merasa apa yang mereka anut sudah menjadi keutuhan dan kultur yang mereka jaga untuk tidak luntur dan tergantikan.

Tapi tenang, kali ini saya nggak akan ngebahas sejarahnya terlalu dalam, tapi saya akan memberi kamu list 5 aksi absurd sekaligus kriminal yang dilakukan oleh para musisi black metal, mulai dari aksi gila di atas panggung sampai di luar panggung.

Pembakaran Gereja oleh Varg (Burzum)

Black metal dan pembakaran gereja sepertinya tidak bisa dipisahkan. Mereka menjadi sangat identik satu sama lain, sepertinya diskusi paling santai tentang genre ini jarang akan berjalan tanpa menyebutkan pembakaran gereja dan sikap anti-agama. Mereka memang bertanggung jawab untuk pembakaran 50 gereja Kristen antara tahun 1992-1996.

Varg Vikernes dari Burzum dihukum karena 4 pembakaran gereja, termasuk yang terjadi di gereja Fantoft Stave, sebuah landmark nasional abad ke-11 yang kehilangannya menghasut orang Norwegia dari kepercayaan konservatif yang mereka pegang menjadi kepercayaan baru dari orang-orang yang datang dari luar daratan Skandinavia. Dia kemudian menggunakan gambar gereja yang terbakar tersebut untuk sampul EP Aske-nya.

Pembakaran gereja dipuji oleh banyak musisi black metal, mungkin yang paling terkenal oleh Gaahl dari Gorgoroth yang selama wawancara dengan Sam Dunn dalam film dokumenter, Metal: A Headbanger’s Journey, menyatakan:

“Pembakaran gereja dan semua ini, tentu saja, adalah hal-hal yang saya dukung 100 persen dan itu seharusnya dilakukan lebih banyak dan akan dilakukan lebih banyak lagi di masa depan. Kita harus menghapus setiap jejak dari apa yang dimiliki oleh agama Kristen dan Semit. untuk menawarkan dunia ini. “

Aksi Panggung Gorgoroth Kraków, Polandia.

Pada tanggal 1 Februari 2004, selama rekaman untuk konser DVD di Kraków, Polandia, band legendaris Norwegia, Gorgoroth, menampilkan kepala domba di tiang, menyerupai simbol Setan. Pada pertunjukan tersebut terjadi pertumpahan darah, karena memang mereka secara literal menggunakan 80 liter darah domba dan 4 model telanjang yang disalibkan di atas panggung sebagai properti pertunjukannya. Hal tersebut pada akhirnya mengundang polisi untuk melakukan investigasi dengan tuduhan pelanggaran agama (yang dapat dituntut berdasarkan hukum Polandia) dan kekejaman terhadap hewan.

Meskipun tuduhan ini dipertimbangkan, band ini tidak dikenakan denda karena mereka tidak mengetahui fakta bahwa apa yang mereka lakukan adalah sebuah hal yang ilegal, tetapi penyelenggara konser akhirnya didenda 10.000 grosz? Pada tahun 2007 karena dia tidak memberi tahu band bahwa itu melanggar hukum di negara itu, Kontroversi tersebut menyebabkan band tersebut dikeluarkan dari Nuclear Blast Tour dan rekaman konser tersebut disita oleh polisi. Black Mass Kraków 2004 akhirnya dirilis sepenuhnya tanpa sensor pada akhir 2008.

Kematian Dead (Mayhem) dan Sampul Album Kontroversial

8 April 1991, vokalis Mayhem yang berusia 22 tahun, Dead, bunuh diri di rumah milik bandnya sendiri. Dia ditemukan oleh Euronymous dengan sayatan di pergelangan tangan dan senapan dengan peluru menembus kepala. Catatan bunuh diri yang ditinggalkan oleh Dead hanya bertuliskan “Maafkan semua darah, sorak-sorai,” dan termasuk permintaan maaf karena telah menembakkan senjata di dalam ruangan.

Setelah menemukan tubuh rekan sebandnya, Euronymous, bukannya memanggil polisi, dia malah pergi ke toko terdekat dan membeli kamera sekali pakai untuk memotret mayat tersebut. Salah satu foto ini kemudian dicuri dan digunakan sebagai sampul album live bajakan berjudul ‘Dawn of the Black Hearts’. Saya tidak memposting gambarnya karena sifatnya yang mengganggu, tetapi jika kamu penasaran, sampul album tersebut bisa kamu temukan di internet kok, friend.

Meskipun bunuh diri adalah sesuatu yang ilegal, alasan mengapa insiden ini saya masukan pada tulisan ini adalah karena beredarnya rumor bahwa Euronymous menganibal jasad Dead, banyak juga yang mengatakan dia juga membuat sup dengan potongan otak Dead. Ken666erian banget. Euronymous juga dikabarkan membuat kalung dengan pecahan tengkorak Dead, yang kini diketahui benar. Selain itu, dia juga mengaku telah memberikan kalung tersebut kepada musisi yang dianggapnya layak di komunitas black metal. Kira-kira siapa yaa orang yang dimaksud itu?

Pembunuhan oleh Fauts (Emperor)

Sumber : Pinterest

Faust, mantan drumer pionir black metal gelombang kedua, Emperor. Dihukum atas pembunuhan seorang pria, bernama Magne Andressren. Saya nggak tahu pasti mengapa beberapa media menyoroti pemberitaan ini dengan menyebut Magne adalah seorang gay, lalu jika dia bukan seorang gay apa kejadian ini tidak akan terjadi?

Dia menikam Magne secara fatal dan membuat dia kehilangan nyawanya. Kejadian ini berlangsung pada 21 Agustus 1992 di Lillehmmer, Norwegia. Faust dijatuhi hukuman 14 tahun penjara dan bebas pada 2003. Setelah dibebaskan, dia mulai bermain drum untuk Scum and Blood Tsunami dan mulai menghindari sekaligus menghilang dari hal-hal yang berurusan dengan kriminalitas.

Penyerangan Vokalis Mayhem dan Penonton oleh Ghoul (Shinning)

Sumber : Metalist.com

Niklas Kvarforth mungkin adalah nama penting bagi band ini, bagaimana tidak, aksi yang menyeramkan dengan tampilkan luka di sekujur tubuh hasil olahan diri sendiri selalu menjadi ancaman bagi para penontonya, belum lagi lirik-lirik lagu yang selalu menebar paranoia sebagai penghancur diri sendiri bagi siapapun yang mendengarkanya.

Pada tahun 2006, Kvarforth diberitakan melakukan bunuh diri dan Ghoul adalah nama selanjutnya untuk mengisi kekosongan dalam band. Pada penampilannya yang diselanggarakan di Halmstad, Swedia. Ghoul seolah-olah muncul sebagai mayat dari Kvarforth, dalam debutnya ini, dia melukai seorang fans dengan pisau cukur dan menyerang salah satu penampil yaitu Maniac, vokalis dari Mayhem.

Tidak ada kejelasan sanksi hukum yang diberikan, tetapi untuk ukuran debut personel baru, itu adalah hal yang kelewat gila.

Nah, itu dia friend, beberapa hal gila yang muncul dari sisi gelap musik metal. Menurut kalian gimana nih? Apa ada yang lebih absurd dan insane dari lima list di atas?

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button