Siapa Bilang Visual Pada Sebuah Band Itu Nggak Penting? Coba Lihat 5 Cover Album Paling Iconic Ini!

Share to:

Ketika membicarakan sebuah rilisan dari suatu band, entah itu EP, album maupun single, kita tidak bisa hanya berbicara mengenai musik yang dibawakan saja, tapi artwork yang digunakan untuk merepresentasikan musiknya juga cukup penting.

Untuk saya pribadi, tidak jarang saya memilih untuk mendengarkan suatu rilisan karena pada awalnya tertarik pada artwork-nya terlebih dahulu. Walaupun mungkin pada akhirnya terkadang nuansa yang disuguhkan melalui lagunya cukup berbeda dengan presentasi visualnya, bagi saya itu bukanlah sebuah masalah. Yaa, namanya juga strategi marketing~

Namun, ada juga beberapa band yang secara sukses mempresentasikan musik yang apik pada suatu album, dan artwork yang digunakan juga cukup unik hingga pada akhirnya menjadi suatu hal yang iconic. Sehingga dikenal bukan oleh para pendengarnya saja, tapi dikenali oleh masyarakat umum, atau bahkan sampai menjadi meme. Percaya nggak percaya, ada juga loh yang artwork dari rilisan suatu band yang lebih terkenal daripada nama bandnya sendiri.

Oleh karena itu, saya akan mencoba untuk merangkum beberapa album cover iconic dari band-band yang berada pada wilayah pop-punk, emo, atau metalcore. Saya nggak bisa memasukkan terlalu banyak, karena keterbatasan tulisan juga. Jadi, kalau ada artwork dari rilisan yang kamu sukai nggak ada di list ini, jangan marah yaa, friend!

Converge – Jane Doe

Artwork dari album keempat dari Converge ini akan terlihat sangat familiar buat kamu yang cukup sering datang ke berbagai acara musik keras, karena cukup banyak yang menggunakan merchandise dari artwork album ‘Jane Doe’ ini terutama dalam bentuk kaos.

Album bergambarkan seorang wanita ini dibuat oleh Jacob Bannon, sang vokalis, dalam waktu sebulan. Bahkan, menurut informasi yang beredar, Jacob harus menunda beberapa pekerjaannya untuk fokus mengerjakan artwork album ini. Totalitas banget. Tapi setelah melihat hasil dan respon dari para pendengarnya, saya yakin dia tidak menyesal.

Green Day – Dookie

Sebuah karya memang akan saling terpengaruh antara satu dengan yang lainnya. Seperti yang terlihat pada album Green Day berjudul ‘Dookie’ yang terlihat terinspirasi oleh sebuah permainan bernama ‘Where’s Waldo?’. Terdapat banyak easter egg yang ada pada cover dari album terlaris Green Day tersebut.

Selain melalui musiknya yang mendapat banyak pujian dari banyak pendengar maupun kritikus musik, keunikan tersebut pada akhirnya membuat ‘Dookie’ menjadi salah satu cover album paling iconic pada era 90an, bahkan sampai saat ini.

My Chemical Romance – Three Cheers For Sweet Revenge

Memiliki personil yang punya berbagai keahlian selain nge-band merupakan berkah bagi sebuah band. Karena, band tersebut bisa melakukan hal lain secara mandiri seperti yang dilakukan oleh My Chemical Romance pada penggarapan cover album dari ‘Three Cheers for Sweet Revenge’.

Pada album yang akhirnya melambungkan nama My Chemical Romance itu digarap sendiri oleh Gerard Way, sang vokalis. Selain aktif sebagai musisi, Gerard juga dikenal sebagai seorang komikus. Hal tersebut bukanlah suatu kejutan, karena dia memang seorang lulusan dari School of Visual Arts di New York.

Cerita fiksi mengenai kisah tragis sepasang kekasih tersebut yang terdapat pada album tersebut dipresentasikan secara apik melalui sebuah artwork bernuansa noir yang menjadi salah satu album dengan artwork paling iconic.

Descendents – Milo Goes To College

Siapa bilang sebuah artwork harus melulu dikerjakan secara serius? Salah satu buktinya adalah cover dari album pertama Descendents ini yang digarap secara sederhana, hanya berdasarkan sebuah gambar karikatur.

Ide awal dari cover album ‘Milo Goes To Collage’ ini berasal dari hasil gambaran seorang teman dari Milo Auckerman, sang vokalis, yang menggambarkan Milo sebagai seorang nerd pada masa sekolah dulu. Namun, siapa sangka pada akhirnya gambar karikatur tersebut menjadi salah satu icon bagi Descendents, bahkan terus digunakan pada beberapa album mereka berikutnya.

American Football – LP1

Artwork dari album pertama American Football ini jadi salah satu bahan meme favorit bagi para meme creator ataupun para pendengarnya. Tidak terhitung banyaknya yang membuat versi parodi dari LP1 ini sebagai cover dari album band mereka sendiri.

Selain itu, rumah yang terdapat pada artwork tersebut juga menjadi landmark utama yang wajib dikunjungi oleh para untuk para emokid di seluruh dunia. Bahkan, sampai saat ini, rumah dengan alamat 704 W. High St, Urbana, Illinois, tersebut masih berdiri kokoh dan banyak orang yang secara sengaja datang ke alamat tersebut untuk sekadar berfoto dan pamer kepada teman-temannya.

Nah, itu dia beberapa cover album musik paling iconic versi Rich Music, saya yakin masih banyak banget cover album iconic yang nggak masuk ke dalam list ini. Tapi bukan berarti cover yang lain itu lebih jelek atau gimana yaa. Nanti, saya buatin terusan lanjutan buat cover lainnya deh~ Janji.